Super Blue Moon

MUI Tangsel ajak masyarakat salat Gerhana Bulan Total, Rabu besok

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Kantor Kementerian Agama kota ini, mengajak masyarakat salat Gerhana Bulan Total (GBT) pada Rabu malam (31/1). Surat edaran telah disebarluaskan ke berbagai instansi.

Sekretaris MUI Kota Tangsel, Abdul Rojak menjelaskan sudah mengedarkan surat No. 2/ SH/MUI-Tangsel/I-2018 prihal himbauan menyelenggarakan atau melaksanakan salat gerhana bulan beberapa hari yang lalu.

“Himbauan dari Kemenag Pusat dan MUI Pusat sudah ada, sehingga dari MUI Tangsel pun langsung membuat surat disebar ke masjid-masjid, sekolah, pemerintah dan majelis – majelis taklim yang ada di wilayah Tangsel,” kata Rojak.

GBT akan mengalami waktu rentang lama, maka dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah khusufi Al Qamar sebagai bentuk tasyakur atas kuasa Allah SWT. Salat sunah gerhana bulan sama halnya dengan salat sunah lainnya seperti Idul Fitri dan Idul Aitri, hanya niatnya yang berbeda.

Tata cara melaksanakan salat gerhana bulan setelah salat Isya dilanjut dzikir dan tahilit bersama. Hingga 20.25 WIB langsung melaksanakan salat dengan niat kepada Allah SWT.

“Sunah Khusufi Al Qamar dilaksanakan dua rakaat, niatnya ussali sunatal bil qhusul Alqomar dua rakaat makmuman/imaman mistakeIlal kiblati lillahitala Allahuakbar,” jelas ia.

Dalam salat sunah  Khusufi Al Qamar tidak ada adzan dan Iqamah. Tapi setelah salat sunah, ada khutbah selama 15 menit. Pesan khutbah yang disampaikan tentang kebesaran Allah atas fenomena GBT. Mengajak masyarakat terus berdzikirenyebut namun Allah yang telah mengatur semua kehidupan di bumi dan di langit dan mengajak masyarakat gemar bersedekah atas Rizki yang diberikan oleh Allah SWT.

“Khatib mengajak jamaah meningkatkan ketaqwaan dan amal saleh, bahwa dengan kekuasaan Allah bisa terjadi gerhana bulan. Inilah tanda-tanda kebesaran Allah maka manusia harus bersyukur dan bertawakal kepada Allah SWT,” tambah Rojak.

Lebih dari 20 masjid yang akan melaksanakan salat gerhana bulan berjalan, di antaranya Masjid Al Mujahidin Pamulang yang akan dihadiri para ulama MUI dan jamaah sekitar, Masjid Jami Al Jihad Ciputat dan Masjid Jami Serpong dan masjid-masjid yang lain.

“MUI akan melaksanakan salat berjamaah di Pamulang, mengajak agar bisa datang sebanyak-banyaknya ikut berjamaah dan zikir bersama,” tuturnya.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Muhamadiyah Amin dalam rilianyael menyebut berdasarkan data astronomi pada hari Rabu 31/1 bertepatan dengan 14 JumadilIla mulai pukul 18.48.27 WIB di Indonesia akan terjadi gerhana bulan total. Hampir seluruh Indonesia dapat mengamati gerhana bulan total ini. Puncak gerhana bulan pukul 20:29:49  WIB dan berakhir pada  pukul 22:11:11 WIB. (1st/SU)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief : Bangun sinergitas untuk generasi yang unggul

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Menyambut HUT PGRI Ke-74 dan HUT KORPRI Ke-48 Tahun 2019, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com