BPRTIK Kemenkominfo

BPRTIK gelar pelatihan dan bimbingan bagi 50 AKM dan 100 orang guru di Jabodetabek

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Balai Pelatihan dan Riset TIK (BPRTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika Selasa (27/2) kemarin,  menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Pelatihan yang ditujukan bagi Angkatan Kerja Muda (AKM) dengan batas usia 15 s.d. 25 tahun ini, dikuti oleh 50 orang peserta, terdiri dari mahasiswa dan lulusan S1yang umumnya dari bidang komunikasi, dan berasal dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Jabodetabek, yaitu Institut Ilmu Sosial dan Politik Jakarta ( IISIP Jakarta ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Bisnis Nusantara, Pendidikan Vokasional Desain Grafis, Universitas Trisakti, Universitas Mercubuana, Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Indonesia, Universitas Pamulang.

Menurut Staf Humas BPRTIK, Bambang Tetuko, kegiatan yang dilaksanakan mulai Selasa, 27 Februari – 1 Maret 2018 besok, merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan kompetensi AKM di bidang TIK,  dan pada angkatan pertama di tahun 2018 ini bidang kompetensi TIK yang disediakan untuk peserta adalah Copy Writing dan Junior Multimedia. “Turut berpartisipasi dalam pelatihan dan sertifikasi SKKNI kali ini adalah peserta dari kalangan disabilitas. Pemberian kuota peserta dari kalangan disabilitas juga bertujuan untuk ikut mendorong pengembangan kompetensi TIK bagi mereka,” tambah Bambang, Selasa (27/2).

Di hari yang sama, BPRTIK juga menyelenggarakan  kegiatan Bimbingan Teknis Literasi TIK bagi Guru yang diikuti oleh 100 orang peserta, yang berprofesi sebagai guru pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangsel, di antaranya adalah, SDN Pondok Cabe Ilir 02, SDN Pondok Cabe Ilir 03, SDN Islam Al Khasiyun, SDN Cirendeu 02, SDN Pondok Ranji 01, TK Permata, SDN Cempaka Putih 03, SDN Pisangan 01, MI Pasir Putih, Paud Pasir Putih, Paud Seruni, Paud Cahaya Hati, Paud Al Fikri, Paud Karisma, dan Paud Kasih Ibu.

“Bimbingan Teknis Literasi TIK bagi Guru ini, hanya berlangsung dalam 1 hari, Selasa, 27 Februari 2018. Dan, materi yang diberikan adalah Ms Office,  Internet Browser (e – commerce) dan Internet Sehat. Bimtek literasi ini diharapkan mampu menjadi media bagi para guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk siswa dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informatika,” kata Bambang.

Kedua kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Setelah pembukaan, BPRTIK juga menggelar acara diskusi yang menghadirkan narasumber Alfian Pamungkas selaku Ceo Idcloudhost, dengan tema “Membangun Usaha di usia Muda”. “Diharapkan dengan diskusi seperti ini para peserta akan terbuka wawasannya untuk berwirausaha di dunia TIK,” ujar Bambang.

Sementara terkait rektruitmen peserta, dia menjelaskan bahwa, rekuitmen peserta dilakukan melalui undangan resmi BPRTIK ke Perguruan Tinggi, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Taman Kanak – Kanak (TK), di Tangsel, Depok  dan DKI Jakarta. (1st/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tangerang Gerakan Reformanshe

Kota Tangerang terpilih jadi pilot project gerakan reformashe

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Dalam agendanya Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi Budaeri hadiri Rapat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com