FEB UIN Syahid Dinkes Tangsel

Dinkes Tangsel ajak mahasiswa UIN Syahid sosialisasikan difteri tahap II

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  Suhara Manullang mengajak mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Syahid) untuk ikut mensukseskan pemberian vaksin difteri tahap dua.

Suhara mengaku, program penanganan difteri melalui Outbreak Response Immunization (ORI) tahap pertama yang dimulai 11 Desember 2017 lalu dinyatakan telah mencapai angka 96,11 persen, melampaui dari targetnya yang sebesar angka 90 persen dari total jumlah penduduk.

Sedangkan ORI tahap kedua yang berlangsung sejak 11 Februari 2018 kemarin, hingga kini prosesnya masih berjalan dan telah mencapai angka 82,36 persen, atau kurang dari 8 persen untuk mencapai target keseluruhan warga Tangsel yang berjumlah sekira 1,8 juta jiwa.

Penanganan difteri, menurut Suhara, tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah saja, tapi juga melibatkan peran serta masyarakat guna menumbuhkan kesadaran pentingnya mengikuti pencegahan melalui program ORI, termasuk di dalamnya adalah lingkungan akademisi dan perguruan tinggi.

“Semakin banyak yang mengerti tentang program difteri, apalagi sekarang dalam masa-masa ORI, maka mahasiswa sangat berperan untuk bisa membantu secara langsung ataupun tidak langsung,” katanya, Kamis (5/4).

Dengan intensnya sosialisasi tentang program ORI ke berbagai tempat Suhara menyebut akan terlihat kendala operasional apa saja yang muncul dari berbagai kebijakan yang telah berjalan.

“Dalam kebijakan itu kan banyak permasalahan operasional di tingkat pelaksana. Dengan adanya forum dialog (sosialisasi) seperti ini, kami jadi tahu ada hal-hal yang mungkin tidak nyambung antara kebijakan dengan pelaksanaan di lapangan,” terangnya yang juga Direktur RSU Tangsel ini.

Dalam sosialiasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syahid tersebut turut diberikan penyuntikan vaksin kepada sekitar 50 mahasiswa yang belum pernah mendapatkan vaksinasi suntik Difteri. Upaya itu dilakukan guna mencegah semakin meluasnya peredaran penyakit difteri khususnya di golongan masyarakat berusia 0-19. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mulai besok, Posko Utama Covid-19 Tangsel dipusatkan di Jalan Raya Viktor

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Warga terinfeksi virus corona di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bertambah.  ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com