Sidang DPRD Kota Tangerang

DPRD – Pemkot Tangerang sepakat gratiskan biaya administrasi kependudukan

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sepakat menghapus atau menggratiskan semua pelayanan yang berkaitan dengan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Penghapusan tersebut telah sesuai dengan yang dirumuskan oleh panitia khusus (pansus) DPRD tentang Adminstrasi Kependudukan.

Dimana, ada 2 poin penting yang dibahas saat dirumuskannya. Pertama mengacu pada amanat Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Pembiayaan yang Bersifat Gratis. Dan, poin kedua yang juga sangat penting yaitu memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat terkait permohonan menerbitkan dokumen administrasi kependudukan.

“Di Kota Tangerang masih ada denda yang dibebankan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan. Seperti keterlambatan saat mengurus akta kelahiran, membuat surat keterangan (suket) pindah datang dan mengurus surat keterangan nikah,” ujar Ketua Pansus Administrasi Kependudukan Ahmad Deden Fauzi saat konferensi pres. Rabu ( 18/4) kemarin.

Menurutnya, menggratisan biaya administrasi kependudukan merupakan langkah tepat untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. Sehingga tidak ada lagi beban saat masyarakat mengurus administrasi kependudukan mereka.

“Jadi mulai hari ini sudah tidak ada lagi beban biaya apapun. Meski warga terlambat mengurus berkas kependudukan. Dan, apa apabila masih ada yang bayar itu sama saja dengan pungli,” Tegas politisi partai PKS tersebut.

Dirinya juga menambahkan, pansus juga membahas soal Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak usia 1 hari hingga 17 tahun, Terkait proses penerbitan dan pelayanannya, Disdukcapil akan segera merumuskan teknis dan mekanismenya.

“Di beberapa daerah,  kata Deden, pembuatan KIA tahun ini sudah mulai diterapkan. Nanti Disdukcapil akan merancang teknisnya. Mungkin bekerjasama dengan sekolah-sekolah atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 13 Kecamatan,” pungkasnya.  (T’6or)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bagi Ta'zil

Raih berkah Ramadhan, LPM Kelurahan Pinang bagi-bagi ta’zil gratis

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG  – Kedatangan Ramadhan selalu dinanti umat muslim. Karena keberkahan di dalamnya, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com