Banksasuci

Tanam bibit pohon di bantaran Cisadane, Banksasuci ajak masyarakat perlakukan bumi dengan bijak

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG  – “Bumi Rusak Otak Kita Rusak”, merupakan tema kegiatan penanaman bibit pohon  yang dilaksanakan oleh komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Kota Tangerang dalam rangka memperingati Hari Bumi tahun 2018, yang bertempat di saung Banksasuci, Jalan Chandra, Gang Muara, bantaran sungai Cisadane, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Minggu (22/4).

Kegiatan menanam bibit pohon tersebut dilakukan bersama para aktivis lingkungan dan kelompok anak muda yang senang mendengar musik keras (metal) serta masyarakat sekitar, di Kota Tangerang.

Uyus Setia Bhakti, Direktur Eksekutif Banksasuci menjelaskan, kenapa kegiatan ini mengangkat tema yang tertera dalam bentangan spanduk di lokasi tersebut , karena yang merusak bumi menurut dirinya itu dari akal -akalan manusia atau otak otak manusia.

Komunitas Banksasuci

Komunitas Banksasuci Kota Tangerang

“Oleh karenanya, kegiatan ini diharapkan dapat mengunggah hati saudara -saudara kita yang lain untuk memperlakukan bumi dengan sebaik- baiknya. Karena, walau bagaimanapun manusialah yang menjadi pemimpin di dunia ini, sehingga manusia juga harus mengenal semua makhluk hidup yang ada di bumi ini,” ujar Kang Uyus, sapaan akrab Uyus Setia Bhakti.

Uyus menturkan, makhluk hidup yang ada di bumi ini bukan hanya manusia saja. Akan tetapi ada makhluk lain dari jenis pepohonan, binatang dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, dalam rangka peringatan Hari Bumi ini, dirinya mengajak mari semua elemen masyarakat, khususnya di Kota Tangerang untuk bersama-sama memperlakukan bumi dengan lebih bijak.

“Sehingga antara manusia dengan bumi yang dipijaknya itu bisa saling mendukung, dan dapat tercipta keserasian kehidupan yang gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo, tut wuri handayani yang artinya itu kekayaan alam yang berlimpah dan keadaan yang tenteram,” urainya.

Lanjut Uyus, mengenai ritual yang dilakukan oleh kawan – kawan Banksasuci mengawali kegiatan penanaman bibit pohon di lokasi kegiatan. Menurutnya, itu bagian dari kecintaan akan makhluk – makhluk lain yang hidup di bumi ini.

“Dan itu mereka lakukan untuk menyuarakan perasaan mereka dan hati mereka yang selama ini diperlakukan oleh manusia. Jadi jangan mentang – mentang manusia diberikan akal, manusia bertindak dan berperilaku seenaknya saja dan tidak menghargai makhluk lainya yang ada di bumi ini,” bebernya

Dia pun berharap kepada masyarakat secara keseluruhan untuk memperlakukan bumi dengan sebaik baiknya, sebagaimana memperlakukan diri sendiri.

“Dengan melihat keadaan bumi sekarang, seharusnya manusia bisa menghemat air, tidak rakus, tidak serahkah yang memikirkan koloni manusia saja. Dan tkdak memikirkan koloni – koloni makhluk hidup lainnya, yang sebenarnya mereka juga berhak hidup layak dibumi ini,” pungkasnya.  (T’6or)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SIDAK SUMUR RESAPAN BANJAR - WALIKOTA6

Pemkot Tangerang tawarkan Sumur Abas untuk atasi banjir

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Jumat  siang (12/10) mengunjungi ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com