BREAKING NEWS
Benyamin Davnie Risma

Bersama rombongan, Benyamin Davnie studi tiru smart city ke Surabaya

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) beberapa waktu lalu telah mengunjungi Surabaya untuk mempelajari smart city.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dijamu oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang sidang Wali kota Surabaya.

Benyamin yang datang bersama rombongan kepala dinas dan staf ahli tersebut, menjelaskan bahwa  , kunjungannya tersebut tujuan adalah untuk mempelajari smart city dari kota kedua terbesar di Indonesia itu.

“Kami sengaja datang ke Pemerintah Kota Surabaya ini tidak lain untuk mempelajari sistem smart city. Agar nanti bisa kita terapkan di Tangsel, untuk mempermudah pekerjaan kita ” ujarnya.

Diakui Benyamin bahwa dalam kunjungan bersama rombongan kepala dinas tersebut, banyak yang didapat, di antaranya mengenai e-Commerce dan e-Payment, nanti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Koperasi akan mendalami program smart city tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Tangsel, Maya Mardiana, menjelaskan, pihaknya akan mendalami kembali studi tiru ke Surabaya terkait pola mengakselerasi peran IKM dan UMKM dengan mengedepankan e-Economicnya. “Misalnya memaksimalkan peran pemasaran dengan elektroniknya, pemasaran melalui media digital dan pembayaran dengan media online juga,”jelasnya.

Setelah itu, Risma sapaan Wali Kota Surabaya menjelaskan secara garis besar tentang smart city yang ada di Kota Surabaya. Smart city dibagi menjadi enam yakni, smart people, smart living, smart government, smart economy, smart environment, dan smart mobility.

Kemudian Risma menjelaskan lagi bahwa di Surabaya ada bus Suroboyo yang bisa langsung terintegrasi dengan lampu merah. Apabila bus mendekati lampu merah maka, lampu akan selalu hijau.

Tri Rismaharini memaparkan sedikit tentang pelayanan publik Surabaya Single Window (SSW). Surabaya Single Window (SSW) adalah sistem yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron serta pembuatan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD dalam memberikan perizinan, dengan Surabaya Single Window, pelayanan perizinan ini lebih hemat waktu dan biaya, dan yang lebih penting lagi adalah transparansi biaya.

Masih menurut Risma, aplikasi e-Government yang dilaksanakan di Surabaya ini berguna untuk menyusun sistem anggaran pemerintah daerah. Semua perencanaan anggaran yang dilakukan di Pemerintah Kota Surabaya saat ini menggunakan aplikasi e-Budgeting dari berapa besar biaya perjalanan dinas, sampai kebutuhan lainnya di masing-masing OPD. (1st/rls).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kota Tangerang

SAIK 2018, momen untuk kenalkan destinasi wisata Kota Tangerang

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Ditunjuknya Kota Tangerang sebagai tuan rumah pelaksanaan SAIK 2018 oleh ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com