Taryono PPDB 2018

PPDB Tangsel 2018, usia minimal 6 tahun bisa masuk SD

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Anak usia minimal 6 tahun kini bisa masuk kelas 1 (satu) Sekolah Dasar (SD). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Taryono, pada Jumat (25/5) pagi.

“Tahun ini usia minimal masuk SD adalah 6 tahun, berbeda dengan tahun kemarin yang 7 tahun. Bahkan usia 5 tahun 6 bulan dapat diterima setelah mendapat rekomendasi dari sekolah ataupun psikolog,” jelas Taryono.

Dibolehkannya anak usia 6 tahun masuk SD ini, karena adanya perubahan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 menjadi Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2018.

Dalam Permendikbud ini  dijelaskan bahwa,  seleksi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD harus memperhatikan aspek usia, jarak tempat tinggal dari rumah ke sekolah sesuai dengan zonasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah, dan dalam seleksi tidak perlu dilakukan tes membaca, menulis, dan berhitung.

Menurut Tarnyono ketentuan baru dalam Permendibud Nomo 14 Tahun 2018 ini sejalan dengan tujuan nasional terkait dengan peningkatan akses dan mutu pendidikan.

“PPDB di Tangsel telah dilakukan persiapan sejak tahun 2017, kami telah mensosialisasikan melalui Billboard yang dipasang di beberapa titik, kami juga sudah koordinasi dengan para Camat dan Lurah,” kata Taryono.

Dindikbud Tangsel juga telah bekerjasama dengan Diskominfo terkait aplikasi dan sistem PPDB yang akan digunakan oleh siswa untuk mendaftar secara online pada 4-7 Juli 2018 mendatang.

“PPDB 2018 ini ada hal yang berbeda, karena semua berjalan dengan online yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sehingga tidak ada aktifitas kolektif pendaftaran di sekolah tujuan, semua terpusat di Dindikbud,” bebernya.

Dia berharap masyarakat bisa mengikuti sistem online. “Yang harus dilakukan masyarakat saat ini adalah cek NIK sistem dengan cara input di sistem http://ppdb.dindikbudtangsel.com/ceknik. Berbekal NIK calon peserta didik baru dapat melakukan login ke sistem,” kata Taryono.

Lanjutnya, bagi calon peserta didik baru yang tinggal di Tangsel tapi tidak punya NIK Tangsel, tidak termasuk dalam daftar zona, namun bisa melakukan pendaftaran di luar zona dengan cara, datang langsung ke Pokja di 7 titik, yang telah ditentukan.  (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Retno KPAI

Kebocoran soal UNBK, KPAI : Ancaman Mendikbud tidak mencerminkan perspektif perlindungan anak

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan keberatan terhadap pernyataan Menteri Pendidikan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com