Syifa Amin

Pemberantasan terorisme, Pengamat : Pelibatan TNI akan mengorbankan kebebasan dan hak asasi sipil

Yogyakarta, SUARA TANGERANG – Pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme pada RUU Terorisme yang barusaja disetujui DPR, pada Jumat (25/5) siang, dan secara cepat direspon langsung oleh pemerintah, yang akan segera mengeluarkan Prepres terkait pelibatan TNI  tersebut, dikhawatirkan akan mengorbankan kebebasan dan hak asasi sipil.

Hal tersebut disampaikan pengamat sosial dan politik Mohammad Syifa Amin Widigdo, yang juga dosen studi Islam di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Menurut Syifa, awalnya upaya untuk menggandeng TNI dalam memberantas terorisme bisa dipahaminya. Terutama melihat urgensinya di tengah meningkatnya eskalasi teror di tanah air yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

“Namun melihat perangai aparat yang belum banyak berubah, saya khawatir kebebasan dan hak asasi sipil akan menjadi korbannya,” tulis Syifa dalam akun Facebooknya, Jumat (25/5) malam.

Lanjutnya, kekhawatirannya tersebut dilandasi oleh rendahnya komitmen aparat penegak hukum yang belum layak dipercaya menggandeng TNI, adalah karena masih rendahnya komitmen mereka pada pengharagaan terhadap kebebasan berpendapat dan hak asasi manusia.

“Menghadapi demonstran di depan Istana Negara yang segelintir saja mereka demikian represif, apalagi jika TNI dilibatkan di dalamnya,” ujar Syifa.

Memang pelibatan TNI dibatasi pada tindak kejahatan terorisme saja. Tapi jika melihat perangai aparat yang belum banyak berubah, tak menutup kemungkinan TNI akan diseret masuk ke ranah sipil lagi.

“ Tragedi Trisakti bisa terjadi lagi. Peristiwa Semanggi bisa terulang lagi. Apalagi pelaku penembakan di dua kasus tersebut hingga kini masih misteri,” ungkapnya.

“Mungkin kekhawatiran ini berlebihan, tapi penting untuk menjadi alarm bagi aparat maupun pejuang kebebasan dan hak-hak sipil,” pungkas Syifa. (1st/*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Yusril Ihza Mahendra

Yusril bersyukur Alfian Tanjung dibebaskan

Jakarta, SUARA TANGERANG – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra  bersyukur Ustadz ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com