BREAKING NEWS
Disperindag pupuk bersubsidi

Disperindag Tangsel lalukan sosialisasi pengawasan pupuk bersubsidi

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pupuk bersubsidi adalah barang dalam pengawasan yang pengadaan dan penyalurannya harus memenuhi prinsip 6 tepat yaitu : jenis, jumlah,harga, tempat, waktu dan mutu. Tujuannya, untuk membantu petani dalam mendapatkan pupuk dengan harga yang terjangkau,

Terkait hal tesebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan sosialisasi pengawasan pupuk bersubsidi, bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian, Jombang, Sabtu (21/7) lalu.

Menurut Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Disperindag Kota Tangsel, R Gunara Wubiksana, bahwa mengingat adanya keterbatasan Pemerintah dalam penyediaan pupuk bersubsidi, maka pupuk bersubsidi hanya diperuntukan bagi usaha pertanian yang meliputi Petani Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan Rakyat.

“Ada pun jenis pupuk yang disubsidi antara lain adalah Pupuk Urea, Pupuk SP 36, Pupuk ZA, Pupuk NPK dan jenis pupuk bersubsidi lainnya,” jelas Gunara Wubiksana.

Agar tidak salah sasaran, maka diperlukan pengawasan terhadap pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi tersebut. “ Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung terlaksananya ketahanan panga, peranan pupuk amat besar guna meningkatkan produksi tanaman pangan, sehingga dukungan pemerintah dalam rangka memberikan bantuan pupuk masih relevan,”ungkapnya.

Kasie Sarana dan Sistem Distribusi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Imam Santoso, mengungkapkan, Keberadaan pupuk subsidi dapat menjadi solusi, namun dukungan semua pihak amat diperlukan agar pupuk subsidi dapat tepat sasaran, agar pupuk subsidi dapat tepat sasaran seluruh tahapan kegiatan harus dilaksanakan secara tepat mulai dari penghitungan kebutuhan, kesiapan produsen, kemampuan distribusi hingga upaya pengawasannya.

“Kegiatan pengawasan harus dilakukan secara efektif dan holistik dengan melibatkan seluruh pihak yang berkepentingan di dalamnya, salah satu upayanya adalah dengan menghidupkan kembali suatu forum/komisi misalnya KP3, atau melakukan kegiatan pengawasan terpadu yang diiringi sanksi tegas bagi terjadinya pelanggaran.”singkatnya. (1st/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

kedai kopi1

Berkat kegigihan, penyapu jalan ini bisa punya kedai kopi di kawasan BSD Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Sukses itu bisa datang dari mana saja, kapan saja, dan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com