BPRTIK SKKNI

BPRTIK Kemenkominfo selenggarakan Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI

Tangsel, SUARA TANGERANG – Balai Pelatihan dan Riset TIK (BPRTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menyelenggarakan Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI  pada tanggal 7 Agustus  s.d  9 Agustus  2018 bertempat di Gedung Pusat TIK Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurut Bambang Tetuko, salah seorang staf BPRTIK Kominfo, bahwa Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI akan dihadiri oleh 100 orang peserta. Dua puluh orang peserta merupakan angkatan kerja muda dengan disabilitas. Delapan puluh orang peserta merupakan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi serta lulusan  dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Perserta berasal dari wilayah Jabodetabek, Sukabumi, Bandung dan Pekalongan.

“Keikutsertaan angkatan kerja muda dengan disabilitas dalam kegiatan ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk merealisasikan hak penyandang disabilitas dalam mendapatkan pelatihan keterampilan sebagaimana yang tertuang dalam UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Peserta disabilitas yang akan mengikuti kegiatan ini merupakan penyandang disabilitas penglihatan, disabilitas pendengaran, disabilitas fisik dan disabilitas intelektual,” urai Bambang, Rabu (8/12).

Lanjutnya, Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI ini rencanya akan dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA selaku Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika. Setelah pembukaan akan diadakan sesi diskusi dengan menghadirkan narasumber  Ari Nugrahanto selaku Managing Patner Unistellar, Unistellar Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas tenaga kerja, menyehatkan dan memperkuat industri TIK, serta meningkatkan daya saing bangsa,” jelas Bambang.

Selanjutnya, peserta akan diberikan materi bimtek serta difasilitasi mengikuti sertifikasi bidang keahlian Practical Office Advance, Junior Networking dan Junior Multimedia.

Dia pun menerangkan, bahwa rekrutmen peserta Bimtek dan Sertifikasi berbasis SKKNI dilakukan melalui website resmi Balai Pelatihan dan Riset TIK Kementerian Komunikasi dan Informatika. (1st/rls)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SMSI Pemprov Lampung

Safari Digital, SMSI ajak Pemprov Lampung bersinergi

Lampung, SUARA TANGERANG  -Guna meningkatkan sinergi di dunia digital, pengurus Serikat Media Siber (SMSI) Pusat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com