Expo 2020 Dubai

Expo 2020 Dubai, Astra jadi sponsor utama untuk paviliun Indonesia

Jakarta, SUARA TANGERANG – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengapresiasi dukungan yang diberikan PT Astra International Tbk pada perhelatan akbar kelas dunia, Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Komitmen dukungan tersebut ditunjukkan dengan penandatanganan Letter of Intent Astra sebagai sponsor utama pertama Indonesia dalam Expo 2020 Dubai di Gedung Kemendag, Jakarta, hari ini, Senin (27/8) yang disaksikan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

“Pemerintah dan swasta memiliki tanggung jawab yang sama untuk mendukung kesuksesan Indonesia dalam perhelatan bergengsi Expo 2020 Dubai ini. Kemendag menyambut gembira dukungan Astra sebagai perwujudan Indonesia Incorporated, yaitu kerja sama pemerintah dan swasta demi kesuksesan bangsa,” kata Mendag Enggar.

Indonesia Incorporated berarti pemerintah bertindak sebagai koordinator persiapan. Sedangkan, pendanaan kegiatan yang berupa pembangunan, aktivasi, sampai penyelesaian, difasilitasi oleh swasta/sponsor tanpa menggunakan biaya dari pemerintah RI. “Langkah ini adalah salah satu bentuk kerja sama pemerintah dan swasta untuk meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia, termasuk citra bangsa, di kancah internasional,” ungkap Mendag Enggar.

Kemendag telah ditunjuk sebagai wakil pemerintah untuk Expo 2020 Dubai, yang akan berlangsung selama enam bulan dari 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021. Perhelatan ini diharapkan dapat menarik 25 juta pengunjung dan lebih dari 160 paviliun negara di Expo 2020 Dubai, yang akan menjadikannya salah satu perhelatan paling bergengsi di dunia.

“Saya berharap pihak swasta lainnya dapat mengikuti langkah Astra untuk ikut serta mendukung eksistensi Indonesia di Expo 2020 Dubai sebagai bukti nyata kontribusi positif bagi kemajuan bangsa Indonesia,” ujar Mendag Enggar

Astra selama ini telah menjadi mitra utama dalam pengembangan ekonomi dan infrastruktur transportasi Indonesia. “Dengan mensponsori eksistensi Indonesia di Expo 2020 Dubai, Astra akan semakin mengukuhkan perannya dalam membangun Indonesia menjadi negara besar dan turut mendorong kemajuan bangsa Indonesia di masa depan,” imbuh Mendag Enggar

Sebagai sponsor utama, Astra tidak hanya akan mendukung Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, tetapi juga akan berpartisipasi dalam program “Road to Dubai”. Program Road to Dubai adalah proses pra-Expo yang melibatkan sponsor utama dalam pemilihan dan kurasi produk Indonesia yang inovatif dan berkelas dunia untuk dipamerkan di Paviliun Indonesia saat Expo 2020 Dubai nanti. Road to Dubai akan dimulai tahun ini.

Sementara itu, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas mengatakan, “Dukungan kami merupakan wujud nyata kontribusi Astra untuk bangsa. Hal ini selaras dengan butir pertama Catur Dharma Astra, yakni Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.”

Sebelumnya, Astra juga turut berpartisipasi dalam mendukung Expo 2010 di Shanghai, China, dan Expo 2015 di Milan, Italia.

Sekilas Expo 2020 Dubai

Expo 2020 Dubai menempati lokasi yang sangat strategis karena berada dekat tiga bandar udara internasional, yaitu Dubai International Airport, Al Maktoum Airport, dan Abu Dhabi International Airport. Posisinya juga berdekatan dengan pelabuhan utama Jebel Ali.

Luas area Expo 2020 Dubai adalah 200.000 m 2 , bertempat di Jebel Ali, yang dibagi ke dalam luasan lahan terbesar dan terkecil. Luas lahan paviliun terbesar adalah 5.000 m 2 dan luas lahan paviliun terkecil adalah 1.200 m 2 . (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Apartemen, Sumber Lamudi

Empat area paling banyak diincar untuk sewa Apartemen di Jabodetabek

Jakarta, SUARA TANGERANG – Apartemen kini kian digemari sebagai alternatif tempat tinggal oleh sebagian besar ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com