rudiantara-digitalisasi-gini-ratio-fintech-bisnis-indonesia-1

Turunkan gini ratio melalui ekonomi digital

Jakarta, SUARA TANGERANG – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan saat ini negara-negara G20 yang memiliki ekonomi terbesar di dunia tengah berupaya untuk mengoptimasikan ekonomi digital dalam mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial atau gini ratio.

“Sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo, kita berhasil menurunkan tingkat gini ratio yang tadinya 40 persen menjadi 39 persen. Tapi di dunia ada yang mencapai 47 persen. Salah satu faktor pendorong turunnya gini ratio adalah bagaimana cara kita mempromosikan ekonomi digital di suatu negara,” kata Rudiantara dalam acara Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2018 yang diselenggarakan di Raffles Hotel Ciputra World I, di Jakarta, Senin (27/8).

Rudiantara memaparkan tiga kunci untuk mendorong ekonomi digital. Pertama sharing ekonomi dengan mengembangkan UMKM yang telah dilakukan beberapa start up seperti Go-Jek. Ketika setiap orang yang memiliki akses telepon seluler bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi digital memberikan nilai tambah bagi usaha ekonomi.

Kemudian kedua adalah workforce digitalization yaitu melalui digital ekonomi dapat membuka lapangan pekerjaan masyarakat.  Terakhir, kata Rudiantara, adalah mempercepat inklusi keuangan agar masyarakat memiliki akses penuh dengan lembaga finansial.

“Tinggal bagaimana caranya memanfaatkan kanal, artinya jumlah pengguna handphone di Indonesia ada 128 juta, namun tidak lebih dari 100 juta masyarakat punya rekening di bank, ada 80 sampai 90 juta kanal yang bisa dimanfaatkan agar masyarakat Indonesia mendapatkan akses keuangan dalam bentuk apapun,” ungkap Rudiantara.

Rudiantara menuturkan, dari segi infrastruktur sudah tidak ada kendala untuk mendorong ekonomi digital. Namun yang perlu dipikirkan adalah bagaimana regulasi di Indonesia dapat mendorong percepatan ke arah inklusi keuangan.

Acara tersebut merupakan bentuk penghargaan yang diberikan oleh Harian Bisnis Indonesia pada perusahaan terbaik dalam industri financial, asuransi dan multifinancial di tengah tantangan berat dari perubahan perilaku konsumen maupun ketidakpastian kondisi ekonomi.

Dalam acara itu Rudiatara menerima cinderamata dari Harian Bisnis Indonesia. Menteri Kominfo  menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia Harian Bisnis Indonesia yang telah memberikan penghargaan pada Industri perbankan atau industri asuransi.

Rudiantara menyampaikan, Indonesia perlu melakukan antisipasi untuk memposisikan diri terkait adanya pembahasan di beberapa negara-negara G20 yang akan mendorong sistem digital currency berbasis pembayaran bitcoin. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SMSI Pemprov Lampung

Safari Digital, SMSI ajak Pemprov Lampung bersinergi

Lampung, SUARA TANGERANG  -Guna meningkatkan sinergi di dunia digital, pengurus Serikat Media Siber (SMSI) Pusat ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com