PDAM Tirta Benteng

Distribusi PDAM Tirta Benteng kembali normal masyarakat senang

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Bocornya jaringan pipa bawah tanah yang terjadi sejak Kamis lalu di Jalan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Benda sejak Kamis lalu menjadi pekerjaan rumah bagi PDAM Tirta Benteng. Seluruh pegawai dikerahkan untuk melayani akan kebutuhan air masyarakat Kota Tangerang.

Manager distribusi dan pengendalian kehilangan air PDAM Tirta Benteng Toto Sugiharta mengatakan, pihaknya saat ini sudah dapat mengetahui koordinat titik kebocoran pipa. Dimana untuk mempermudah pekerjaan, petugas gali dibantu dengan menggunakan alat berat dan alat pemecah batu. “Lokasi kebocoran pipa berada di sebelah utara lokasi galian pertama yang jaraknya sejauh 12 meter dengan kedalaman 8 meter,” ucapnya ketika ditemui, Senin (17/9) dengan mengenakan pakaian berwarna merah.

Untuk perbaikan pipa, sambung Toto, PDAM TB bekerja selama 24 jam untuk menemukan sumber kebocoran pipa. Toto mengatakan, sumber kebocoran pipa dikarenakan adanya lasan yang terlepas diantara sambungan pipa.  “Yang lepas sambungannya hanya beberapa centi saja. Kita belum mengetahui penyebabnya apa, annti setelah pipa diangka keatas permukaan tanah,” tambahnya.

Toto menjelaskan, saat ini pihaknya telah meminta kepada kontaktor untuk segera melakukan penyelesaian. Ia menargetkan pada Selasa (18/9) pengerjaan selesai dilaksanakan. Khusus pergantian pipa,  pihaknya berencana akan melakukan penggalian tanah kembali untuk menyambungkan kedua lokasi galian. Tujuannya untuk mempermudah proses pengerjaan.

“Sampai saat ini kami belum dapat mengetahui berapa jumlah kerugian yang hilang akibat kebocoran pipa, ” tambahnya.

Sekadar diketahui, selama pendistribusian PDAM TB menerahkan 6 truk tanki, 7 truk tanki tambahan dari pihak swasta, pick up yang dilengkapi toran hingga mewajibkan pegawai membawa satu buah galon. Selain itu, terdapat 12 truk bantuan dari Disbudpar juga ikut dikerahkan untuk membantu pendistribusian air.

Direktur PDAM Sumarya mengatakan, belum mengetahui secara detail penyebab kebocoran pipa berukuraan 600 mm ini. Sumarya mengatajan, Akibat kebocoran, terdapat sekitar 30 ribu pelanggan zona I sempat tidak dapat menikmati air bersih. Sumarya mengaku, berbagai upaya agar dapat mengurangi pengeritaan masyarakat. Salah satunya dengan mendistribusikan air menggunakan truk tanki hingga menggunakan galon berisi air untuk mendistribusikan air ke pelanggan.

“Karena jalurnya (distribusi-red) yang berbeda, pendistribusian air ke bandara tidak terganggu,” ucapnya.

Sumarya mengatakan, saat ini pendistribusian air sudah berhasil diperbaiki dan sudah dapat mengalir ke jaringan pipa pelanggan khususnya di Cipondoh dan dan Batuceper.

“Untuk empat Kelurahan yang terdampak yaitu Kelurahan Cipondoh Indah, Poris Plawad, Cipondoh Makmur, dan Cipondoh Induk saat ini sudah dapat dialiri air kembali,” ujarnya.

Meski begitu, Sumarya mengatakan air yang saat ini telah mengalir masih dalam tahap pembersihan akibat pekerjaan perbaikan pipa.

“Air mengalir walaupun belum terlalu bersih, untuk siang sampai sore air mengalir tidak sebesar di malam hari,” tambahnya.

Sabaroh, Ketua RT 10/05 Poris Indah mengatakan, air kembali mengalir sekira pukul 10.38 WIB. Meski begitu, ia mengaku air masih terlihat kotor lantaran berwarna kecoklatan.

“Terimakasih bapak Dirut PDAM TB, akhirnya air di RT 10/5 dapat kembali mengalir, semua warga gembira,” tandasnya. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Airin safari pembangunan

Airin lakukan Safari Pembangunan ke sejumlah kecamatan di Tansgel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany kembali melakukan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com