Anggota SMSI Banten diverifikasi

Ketua Dewan Pers minta SMSI tangkal berita hoax dan media abal-abal

Serang, SUARA TANGERANG – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Banten, hari ini, Senin (24/9) diverifikasi Dewan Pers.

Verifiakasi tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pers, Yosef Adi Prasetyo, di Sekretariat SMSI Provinsi Banten, Jalan Jenderal Sudirman No. 25, Ciceri, Serang, Banten. Turut hadir, Sekretaris Jenderal SMSI Pusat Firdaus, Ketua SMSI Provinsi Junaidi, Sekretaris PWI Banten Cahyono Adi, Sekretaris SMSI Provinsi Banten Rapih Herdiansyah serta beberapa orang pengurus SMSI Provinsi Banten lainnya.

Menurut Ketua Dewan Pers, SMSI Provinsi Banten merupakan satu-satunya SMSI di Indonesia yang diverifikasi langsung oleh Ketua Dewan Pers. “Biasanya yang memverifikasi adalah tim verifikasi. Namun, khusus untuk Banten, saya yang memverifikasi. Jadi Provinsi lain boleh cemburulah,” ujar Yosef Adi Prasetyo, Serang, Senin (24/9).

Lanjutnya, sudah ada 10 media online Banten yang sudah diverifikasi melalui SMSI Provinsi Banten oleh Dewan Pers, yakni, newsmedia.co.id, fajarbanten.com, gerbangbanten.com, haluanbanten,com, tangerangonline.id, korantangerang.com, koranbanten.com, majalahteras.com, radaronline.co.id dan kabarbanten.com.

Yoserf juga mengatakan, SMSI ini, jika sudah diresmikan jadi bagian dari Dewan Pers, nanti akan ikut dalam pemilihan Dewan Pers tahun 2022. “Dewan pers akan diperluas dari  sembilan anggota mungkin menjadi 15 anggota,” kata Stanley sapaan akrab Yosef Adi Prasetyo.

Selain itu, Stanley juga meminta kepada SMSI untuk menangkal media online abal-abal. “Saya minta SMSI bukan hanya untuk menangkal berita hoax tapi juga media online yang abal-abal,” jelasnya.

Ia menambahkan, nama media tidak boleh pakai nama lembaga. “Seperti KPK online atau ICW. itu kan bukan dari lembaga KPK atau ICW yang membuat tapi oleh pengelola media tersebut. Ini melanggar,” terangnya.

Sementara itu, terkait dengan media online anggota SMSI Provinsi Banten yang belum ikut pada diverifikasi pada hari ini, akan segera menyusul setelah beberapa kelengkapan atau persyaratan yang disyaratkan dilengkapi oleh media online tersebut.

“Insha Allah, media online anggota SMSI Provinsi Banten yang belum ikut verifikasi akan diverifikasi setelah semua persyaratan yang disyaratkan dilengkapi oleh media –media tersebut,” pungkas Edi, sapaan akrab Junaidi. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Atal S Depari

Atal S Depari, visi baru PWI lima tahun ke depan

Jakarta, SUARA TANGERANG – Gerak langkah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) lima tahun ke depan, di ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com