Menteri Susi

Demi cegah sampah, Menteri Susi tolak pakai sendok plastik

Jakarta, SUARA TANGERANG  – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti menolak mentah-mentah untuk menggunakan sendok plastik ketika memasak bersama Chef Marinka dan Chandra dalam acara Seafood Lover Milenial di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (25/11). Penolakan Menteri  Kelautan dan Perikanan tersebut merupakan bentuk kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.

Susi yang pagi tadi memasak ikan kakap pindang gunung beberapa kali ditawarkan sendok plastik oleh panitia sempat menolak dua kali.

“Nggak saya nggak pakai sendok plastik, ini plastik sekali pakai,” kata dia di atas panggung.

Sebagai peringatan hari ikan nasional, Susi memasak ikan dan mengkampanyekan dilarang menggunakan plastik sekali pakai. Susi menjelaskan, penggunaan plastik sekali pakai harus dikurangi. Pasalnya Indonesia menjadi negara kedua penyumbang sampah plastik terbanyak ke laut setelah Chia.

“Saya nggak bakal pakai plastik sekali pakai, Indonesia menjadi penyumbang sampah kedua sampah ke laut, jangan buang sampak ke laut. Emang kita mau makan sampah? jadi beli tas kain stop pemakaian kresek dan sedotan,” kata dia.

Susi juga menceritakan soal kasus yang baru baru ini terjadi, yaitu paus sperma yang ditemukan mati di laut Wakatobi dengan perut penuh sampah di dalamnya. Susi mengingatkan jangan sampai kasus tersebut terjadi kembali, caranya yaitu dengan bersama sama tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke laut.

“Waktu kemarin ada kasus paus mati di laut Wakatobi. Di dalamnya ada raria, ada tas plastik, kasihan mahluk ini mati karena kecerobohan dan keteledoran kita, dari sini kita harus mengurangi sampah plastik,” jelas dia. (1st/d71k)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jokowi

Presiden ajak masyarakat lestarikan budaya Indonesia di tengah perubahan zaman

Jakarta, SUARA TANGERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus aktif ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com