Airin KPU ASI hasil survei pemilu 2019

Hasil survei ASI : 93,33 persen masyarakat pasti coblos saat pemilu serentak 2019

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggandeng lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) untuk mengukur tingkat partisipasi masyarakat kota Tangsel jelang pemilu serentak, April mendatang.

Survei yang dilaksanakan di 4 kecamatan di kota Tangsel, yaitu Pondok Aren. Pamulang, Ciputat Timur, dan Ciputat ini, dilakukan sejak tanggal 16 hingga 20 Desember 2018 lalu dengan responden 120 orang.

Survei dengan metode multistage random sampling ini menyatakan  bahwa, 95.00 persen publik di Tangsel mengetahui akan ada pemilu presiden dan pemilu leglislatif pada 17 April 2019 mendatang . “Artinya pengetahuan publik terkait pemilu sudah baik, dan ini sekaligus menjadi indikator bahwa sosilaisasi yang dilakukan KPU Kota Tangsel sudah berjalan maksimal, ” jelas Direktur Eksekutif ASI, Ali Rifan, Sepong, Tangsel, Rabu (9/1).

Dari hasil survei tersebut, kata Ali, 93,33%  warga Tangsel menyatakan bahwa mereka pasti mencoblos, 5% belum pasti mencoblos, dan 1.67% tidak akan mencoblos.

“Alasan masyarakat pasti mencoblos adalah karena ingin menggunakan hak pilihnya 72.32%, sedangkan alasan utama masyarakat belum pasti memcoblos karena berhalangan sebanyak 33.33%, dan karena pemilu tidak akan memperbaiki nasib 5 tahun kedepan sebesar 33.33%. ” beber Ali.

Lanjut Ali, alasan utama masyarakat yang tidak ingin mencoblos karena pemilu tidak akan memperbaiki nasib 5 tahun ke depan  dan tidak ingin tanpa asalan sama besarnya.

Selain itu, Ali juga menilai bahwa masih ada potensi politik uang dalam pemilu serentak 2019 di Tangsel, meskipun angkanya masih di bawah 50%.

“Itu perlu diantisipasi mengingat data menyebutkan bahwa 18.33% responden mengatakan uang dapat mempengaruhi pilihan politik mereka,” terangnya .

Sementara Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro usai acara Lounching Hasil Survei Tingkat Partisipasi Masyarakat, Pemilu 2019 Tingkat Kota Tangerang Selatan menjelaskan, survei yang dilaksanakan ini adalah untuk memetakan strategi yang tepat dengan target 77.5% angka partipasi masyarakat pada pemilu yang tinggal beberapa bulan lagi.

“Anggaran dari KPU RI mengharuskan kami untuk bekerjasama dengan lembaga survei,  dan di Tangsel kami KPU menggandeng ASI. Harapannya, selama 3 bulan kedepan kami akan terus fokus bekerja dan terus melakukan sosialisasi dor to dor atau sosialisasi ke rumah-rumah, ” pungkasnya.

Untuk diketahui, turut hadir pada acara launching hasil survei ini antara lain, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany , Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Iriawan, serta beberapa pimpinan atau perwakilan parpol. (H3n)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemilu-17-April-2019

Pemilu 2019, PSU di TPS 01 Sukamulya lancar, partisipasi capai 90 persen

Kabupaten Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 di Desa Bunar, Kecamatan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com