Airin Bronto Skylift

Atasi kebakaran, Tangsel kini punya mobil damkar jenis Bronto Skylift

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini memiliki armada mobil pemadam kebakaran (damkar) terbaru dengan peralatan canggih buatan Scandia, Finlandia.

Mobil damkar berjenis Bronto Skylift P310 dilengkapi berbagai fasilitas canggih dan modern ini, Jumat (11/1) kemarin, diujicobakan di halaman Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangsel, Jalan Maruga, Ciputat, Tangsel.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Asisten Daerah (Asda III) Teddy Meiyadi, Kepala Dinas Damkar Tangsel, Uci Sanusi, Kepala Bidang Humas dan Pengelola Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika, Irfan Santoso dan Direktur Tim Unit Bronto Indonesia, Benny bersama-sama ikut menyaksikan manuver dan kelebihan mobil damkar buatan Scandia tersebut.

Menurut Wali Kota Airin, mobil damkar ini diperuntukkan untuk menangani bencana kebakaran di Tangsel, yang saat ini jumlah penduduk dan pemukimannya terus bertambah.

“Pertambahan penduduk akan selalu diikuti dengan pertambhan hunian, baik secara horizontal maunpun vertical. “

“Dan, hunian horizontal adalah konsep hunian alternatif untuk mengatasi keterbatasan lahan yang ada di kota ini,” kata Airin.

Lanjut Airin, terkait pengadaan mobil damkar oleh Pemkot Tangsel akan terus dilakukan secara bertahap untuk melengkapi peralatan yang sudah ada.

“Pengadaan mobil damkar ini akan terus dilakukan secara bertahap, melengkapi sarana dan prasarana dari Dinas Damkar yang sudah ada,” kata Airin.

Airin juga menegaskan, bahwa selain persoalan penambahan peralatan damkar yang lebih memadain, hal lain yang akan juga difokuskan dalam rangka peningkatan layanan dan penanggulanggan bencana kebakaran dan atau bencana lainnya adalah, diperlukannya sumber daya manusia yang cekatan, terampil dalam mengoperasikan peralatan yang semakin canggih.

“Dan untuk itu, Pemkot akan bekerjasama dengan Bronto Indonesia untuk melakukan pelatihan khusus dalam rangka meningkat profesionalisme aparat terkait dalam mengatasi segala kemungkinan terjadinya bencana,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar Kota Tangsel Uci Sanusi, usai menyaksikan manuver dan kelebihan mobil damkar terbaru dari dinas yang dipimpinnya mengatakan, Damkar sudah merealisasikan sekaligus melakukan uji coba langsung dari mobil damkar terbaru, Finlandia Bronto, di depan Wali Kota Airin. “Ini merupakan bentuk realisasi  dari pelatihan 15 orang anggota Damkar Tangsel yang dilakukan selama 3 hari,” ujar Uci.

“Ada driver merangkap operator, ada helper dan opretor Damkar Tangsel yang sudah dilatih untuk memfungsikan tangga skylift yang membutuhkan dua oprator di atas dan di bawah namun jika ada oprator di bawah tidak membutuhkan opretor di atas begitupun sebaliknya ” paparnya.

Untuk diketahui, saat ini setiap kecamatan di Tangsel telah memiliki 2 unit damkar. Total keselurahannya adalah 14 mobil, dan kedepannya akan dilakukan peremajaan termasuk penambahan mobil suplai air.

Di tempat yang sama Direktur Unit Bronto Indonesia Benny, menjelaskan bahwa mobil  damkar seharga 21 milyar dengan sistem canggih ini tidak dimiliki oleh Damkar di seluruh Indonesia.

“Di Indonesia, baru ada lima daerah yang memiliki jenis mobil Bronto skylift buatan Scandia Finlandia di antaranya adalah, Surabaya, Madiun, Gresik , DKI Jakarta dan  Kota Tangsel,” ungkapnya.

Kata Benny, mobil dengan kapasitas mesin 3100 CC, dan memiliki panjang tangga 37 meter ini mampu berputar 360 derajat .

“Selain mampu berputar full 360 derajat mobil damkar ini juga mampu menjangkau secara vertikal dan horizontal dengan kemampuan Pompa 4500 Liter permenit,”pungkasnya.  (H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jumbara PMR Kota Tangerang

Wali Kota Tangerang: Jadikan PMR sebagai wadah mengembangkan karakter dan kreativitas

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah melepas rombongan Kontingen PMI ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com