UP2K Cipondoh

Keripik singkong balado Cipondoh jadi andalan penilaian UP2K tingkat provinsi

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG  – Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ( UP2K ) PKK Kelurahan Cipondoh Indah, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang diharapkan dapat meraih prestasi terbaiknya dalam penilaian Tim UP2K tingkat Provinsi Banten, pada Selasa, (15/1) kemarin.

Penilaian yang difokuskan kepada produk unggulan UP2K ini, sekaligus dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gerak (HKG) PKK.

Tim UP2K Cipondoh Indah, yang mengikuti kegiatan tersebut secara serius telah menyiapkan segala sesuatu terkait penilain yang dilakukan Tim penilai UP2K Provinsi Banten.

Menurut Ketua Kelompok Kerja (Pokja) II UP2K Provinsi Banten,Rntau Ana, penilaian yang dilakukan Tim UP2K provinsi tidak hanya masalah tertib admistrasi,dan lain sebagainya, tetapi juga terhadap produk UPK2 yang dijadikan produk unggulan dalam rangka upaya bersama menuju keluarga sejahtera.

Dimana dalam lomba tersebut yang diunggulkan oleh Kelurahan Cipondoh Indah Kecamatan Cipondoh adalah keripik singkong balado dan emping balado.

“Penilaian hari ini sekaligus memperingati Hari Kesehatan Gerak PKK (HKG). Kecamatan Cipondoh kali ini menjadi lokusnya antara kecamatan lain yang ada di Kota Tangerang,” terang Ana kepada wartawan, Selasa (15/1).

Ana menjelaskan, terdapat lima perlombaan dari seriap pokja yaitu pokja 1: Tertib Administrasi, pokja 2: Pola Asuh Anak, pokja 3: UP2K, pokja 4: Hatinya PKK dan yang terakhir pokja 5: Ipates.

“Kebetulan Kota Tangerang itu  UP2K yang pertama yang kami tim kunjungi. Selanjutnya kita keliling di delapan wilayah, empat kabupaten dan empat kota yang ada di Banten ini,” paparnya.

Untuk di Kecamatan Cipondoh, yang khususnya di Kelurahan Cipondoh Indah kata dia, data sudah masuk semua dalam kriteria yang dinilai oleh tim. Namun, belum bisa langsung juara karena pihaknya harus melihat daerah yang lain.

“Inovasi, tambahan atau ada kretifitas di daerah masing-masing. Nanti tim kami akan mengumumkanya pada Juli 2019 mendatang, saat puncak acara. Namun, laporannya sudah bisa diketahui pada akhir bulan ini.”

“Jadi nanti yang menang akan mendapatkan piagam atau piala dan uang pembinaan dari tingkat pusat. Nanti juga hasil dari ini kita seleksi untuk melaju kejenjang selanjutnya, namun di tingkat pusat satu daerah mengirimkan satu,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Cipondoh Kiki Wibhawa mengatakan, dalam penilaian ini menurutnya yang terpenting adalah bagai mana usaha ini bisa bermanfaat untuk keluarga itu sendiri dan selanjutnya bagai mana bisa meningkatkan untuk lingkungan sekitar.

“Seperti yang kita lihat keripik singkong dan emping balado ini alhamdulillah dari yang tadinya usaha dengan omset yang belum begitu banyak seiring waktu berjalan sudah bisa mempekerjakan karyawan masyarakat sekitar,” ungkapnya

Dirinya juga berharap, ini merupakan pilot project bagi kelurahan lainnya,  bahwa ternyata dikelurahan lainnya banyak potensi yang dapat dikembangkan.

“Tahun 2018 lalu Kita di HKG sampai ketingkat nasional untuk pemeriksaan Iva Test dan mendapatkan juara 3, untuk tahun ini mudah mudahan juara dalam UP2K tingkat provinsi,” harapnya

Selain keripik singgkong Kiki juga mengungkapkan banyak produk unggulan yang dihasilkan dari setiap masing masing kelurahan di Kecamatan Cipondoh.

“Seperti Geswang (ikan asin gese dan bawang), telor asin, kue kue dan juga kerajinan tangan hasil karya para kader,”

“Untuk tahun 2019 ini yang kita unggulkan dalam penilaian UP2K tingkat provinsi mewakili Kota Tangerang adalah keripik singkong dan emping balado,” pungkasnya. (57r)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dadi Budaeri

Dadi Budaeri tantang Muhammadiyah Tangerang bikin International Islamic Fair

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Dadi Budaeri tantang Muhamadiyah Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com