ASN Tangsel deklarasi pengurangan sampah plastik

Dukung intruksi Wali Kota, ASN Tangsel deklarasi pengurangan sampah plastik

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) secara serentak melakukan deklarasi pengurangan sampah plastik di Lapangan Cilenggang, Serpong, Kamis (17/1).

Deklarasi yang dibacakan oleh salah seorang perwakilan ASN pada acara apel kesadaran nasional pagi kemarin, merupakan bentuk dukungan terhadap Intruksi Wali Kota Tangsel Nomor:660.2./143/DHL Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, tertanggal 16 Januari 2019.

Menurut Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, intruksi yang dikeluarkannya tersebut merupakan langkah bertujuan positif dan sangat baik, yaitu untuk mengurangi penggunaan kemasan, kantong, botol dan gelas yang berbahan plastik sekali pakai.

“Untuk itu, saya meminta kepada seluruh OPD dalam melaksanakan setiap kegiatan seperti rapat dan sebagainya, baik di dalam gedung maupun di luar gedung, menghindari penggunaan bahan atau material tersebut,”pintanya.

Sebagai alternatif, mari budayakan penggunaan organik atau yang mudah terurai, atau menggunakan barang-barang yang dapat digunakan berulang-ulang.

“Saya meminta hal ini untuk diperhatikan, saya juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 660.13067-DLH/2018 yang berisi himbauan kepada masyarakat dan para pelaku usaha untuk mengurangi sampah plastik. Kepada OPD terkait (DLH.red) dan juga jajaran kewilayahan, saya meminta surat edaran tersebut dapat disosialisasikan,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, Toto Sudarto, mengatakan ada lima point deklarasi yang disampaikan saat apel kesadaran nasional yang dilaksanakan di Lapangan Cilenggang tersebut, intinya akan melaksanakan pengurangan penggunaan berbahan plastic sekali pakai disetiap pelaksanaan perangkat daerah, kedua akan aktif melaksanakan sosialisasi pengurangan sampah plastic kepada seluruh lapisan masyarakat, ketiga akan menerapkan penggunaan tempat makan dan minum yang dapat diguna ulang, keempat akan melaksanakan pengawasan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai ditempat kerja. Kelima akan melaksanakan instruksi Walikota Tangsel dalam pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Deklarasi ini merupakan janji bersama pegawai di lingkup Pemkot Tangsel untuk mengurangi sampah plastik di Kota Tangsel,”singkatnya. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Raperda PP APBD TA 2018

Raperda PP APBD TA 2018 Kota Tangsel disetujui

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan (PP) Anggaran Pendapatan Belanja ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com