Perahu ICMI Banten

ICMI Banten sumbang perahu untuk nelayan korban tsunami Selat Sunda

Pandeglang, SUARA TANGERANG –  Sebulan pasca bencana tsunami Selat Sunda, khususnya di Banten, aktivitas ekonomi masyarakat mulai mengeliat, sejumlah lokasi terdampak bencana telah ditata kembali. Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang telah membangun puluhan Hunian Sementara (Huntara) untuk korban bencana yang terjadi di pertengahan Desember 2018 lalu.

Namun, dari sekian banyak sektor perekonomian yang mulai digerakkan tersebut, masih ada satu sektor yang belum tergarap, yaitu sektor kelautan, dimana sebagain besarnya merupakan mereka yang berprofesi sebagai nelayan. Seperti diketahui, menurut data Dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), selain korban jiwa kurang lebih 400 orang,  dampak lain yang ditimbulkan dari bencana tersebut adalah rusaknya 420 unit perahu nelayanan di wilayah terdampak tsunami di Banten.

Untuk itu, wujud dari kepedulian untuk sesama, pada hari ini, Kamis (24/1), Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Banten memberikan sumbangan  7 perahu untuk nelayan di  kampung Karang Mempeuk , Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Pandeglang.

Ketua ICMI Orwil Banten, Prof Lili Romli, berharap bantuan perahu dari ICMI tersebut dapat kembali menggerakkan roda  perekonomian masyarakat di pesisir Banten.

“Kita mengetahui bahwa para nelayan adalah korban yang paling terdampak tsunami . Bantuan ini (perahu) semoga bisa  kembali menggerakkan roda ekonomi bagi nelayan di sekitar Tanjung Lesung.”  ujarnya.

Penasehat ICMI Banten , Drs. H.A. Taufik Nuriman, MM, MBA, juga berharap masyarakat nelayan bisa beraktifitas kembali dan selalu bersabar menghadapi ujian ini.

“Masyarakat harus bisa sabar, ini merupakan Ujian dari Allah, jangan patah semangat dan teruslah beraktifitas .” tutur Taufik Nuriman.

Salah satu perwakilan Nelayan , Arsikum Hidayat selaku ketua Himpunan Nelayan kampung Karang Mempeuk yang juga ketua RT.03 RW 06 Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang mengucapkan terima kasih kepada ICMI Banten yang telah peduli kepada nelayan.

“Mayoritas warga di Karang Mempeuk ini adalah nelayan, jadi  kami mengucapkan terima kasih kepada ICMI Banten atas bantuan berupa perahu ini.  Dengan dibantu perahu ini, sekarang  kami bisa melaut lagi,” ujar Arsikum Hidayat.

Koordinator Lapangan Relawan Kampung Yusef Cahyadi, yang melakukan pendampingan dalam program Donasi Perahu ini,  mengatakan bantuan dari ICMI menambah jumlah donatur yang konsen pada bantuan perahu yang dikelola oleh Relawan Kampung.

“Kami bersyukur, bantuan perahu dari ICMI ini menambah jumlah donasi perahu dari berbagai donatur bagi nelayan di Banten yg terkena dampak tsunami.” kata Yusef.  (rls)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Airin dilantik jadi ketua ICSB

Airin resmi dilantik jadi Ketua ICSB Provinsi Banten

Serang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany resmi dilantik sebagai ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com