Taryono

Taryono : Mendisiplinkan anak tidak harus dilakukan dengan cara kekerasan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Taryono mengatakan pola asuh yang benar bagi terhadap seorang anak adalah buat bagaimana anak-anak bahagia, beri penghargaan agar tumbuh rasa percaya diri, hidari ancaman dan intimidasi, serta kekerasan, karena akan menimbulkan anak memiliki jiwa anti sosial dan keras.

Hal tersebut dikatakan Taryono di acara talkshow yang digelar TK Jemasi, Lengkong Gudang Timur, Serpong, Tangsel, Sabtu (26/1) lalu.

Menurut Taryono, mendisiplinkan anak bisa dengan aturan yang harus jelas tapi tidak kekerasan, karena akan melahirkan anak tidak disiplin.

“Dengan memperhatikan pola asuh seperti yang disebutkan di atas, seorang anak bisa dikatakan bahagia secara fisik maupun psikis,” ujar Taryono.

Sementara itu,  Kepala Sekolah TK Jemari, Indri Marini Akbar menyampaikan bahwa  tujuan diselenggarakan talkshow yang dihadiri 100 peserta ini adalah untuk berbagi ilmu, wawasan dan sharing dari narasumber mengenai perkembangan dan pengalaman sehari-hari dalam mendidik anak, dengan mendatangkan seorang pskilog yaitu Abu Bakar Baradja, serta artis dan pemerhati pendidikan Shahnaz Haque.

Talkshow yang diikuti oleh sebagian besar orang tua murid TK Jemari ini, juga terbuka untuk umum atau kepada mereka yang antusias pada tema talkshow ini. Tema dari kegiatan ini dibuat karena TK Jemari peduli terhadap perkembangan emosi anak.

“Karena terkadang kitapun sebagai orangtua terlewatkan, apa yang kita anggap biasa-biasa saja membimbing anak, ternyata berdampak pada anak. Dan melalui sharing ini, dapat memotivasi kita sebagai peran inti yang membentuk kecerdasan emosi anak,” ungkapnya.

Lanjutnya, di mana dimulai dari keluarga, dapat memberikan masukkan pada orangtua, membuat jalinan komunikasi yang lebih baik dan efektif pada anak, sehingga perkembangan emosi yang berhubungan dengan pembangunan karakter anak yang dimulai sejak usia dini dapat terbentuk dengan baik.

“Talkshow dikemas sedemikian rupa dimana Bapak Abu Bakar Baradja merupakan narasumber dari segi ilmunya, Shahnaz Haque narasumber dari segi komunikasi efektif pada anak dan pengalamannya bersama anak-anaknya,” jelasnya.

Harapannya, dengan talkshow ini dapat memberikan masukkan pada orang tua berperilaku pada anak, bagaimana mengembangkan emosi anak karena keluarga adalah “tempat indah” anak untuk menapaki gerbang dunia selanjutnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Capaska Tangsel

198 Capaska dari 55 sekolah di Tangsel ikuti seleksi

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pasca lolo seleksi administrasi ratusan siswa Calon Paskibraka (Capaska) Tangsel, ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com