BNNK Kota Tangsel

BNN Kota Tangsel berhasil ungkap jenis baru narkotika

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tangerang Selatan berhasil ungkap paket narkoba jenis baru berupa Tetrahydromcannibol (THR) cair yang dikemas dalam bentuk  tissue yang berasal dari negara Amerika Serikat pada Selasa (22/1) Minggu lalu.

Hal ini dijelaskan Kepala BNN Provinsi Banten, Brigjen. Pol Tantan Sulistyana, SH, SIK, saat saat menggelar press conference di Gedung BNN Kota Tangsel, Lt III, Setu Serpong, Tangsel, Kamis (31/1).

Brigjen Pon Tantan juga mengatakan penangkapan yang dipimpin oleh kepala BNN Tangsel yaitu AKBP Stince Djonso ,SE itu berhasail mengamankan seorang laki- laki berinksial AD alias K (28) berikut barang bukti Tetrahydrocannabinol seberat 7 gram.

“Ada pun barang haram yang biasanya berbentuk THC cari atau berbentuk liquid tersebut diimpor ke Indonesia dan dikemasa dikemas dalam bentuk tissue,”ujarnya.

Tantan juga menuturkan pada bulan Oktober 2018 petugas BNN Kota Tangsel sebelumnya telah merima laporan dari petugas Bea Cukai Kantor Pos Pusat Pasar Baru, Jakarta Unit Pengawasan dan Pelayanan (P2) serta Kantor Pos Curug Tangerang mengenai keberadaan paket tersebut.

“Setelah menerima laporan melalui paket Pos yang diduga berisi narkotika golongan satu jenis delta-9-tetrahdrocannibinol, yang berasal dari Amerika Serikat dengan tujuan ke wilayah Tangerang Selatan, petugas BNN Kota Tangsel sigap melakukan uji laboratorium ke Pusat Laboratorium Narkotika BNN di Lido-Bogor, Jawa Barat terhadap barang itu, ternyata benar paket pos tersebut positif mengandung narkotika golongan satu sesuai lampiran Undang Undang RI No,35 tahun 2009 tentang Narkotika,” paparnya.

Jendral lulusan Akpol 1991 ini juga menuturkan setelah Petugas BNN Kota Tangsel melakukan penyidikan untuk mengetahui pemilik paket pos berisi narkotika golongan satu dari Amerika Serikat ke wilayah Tangsel selama kurang lebih 3 bulan, setelah memeroleh informasi lengkap dan valid, petugas BNN Tangsel segera melalukan penangkapan..

“Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap tersangka telah diungkap modus pemesanan Narkotika golongan satu jenis THC CAIR oleh tersangka AD alias K yang tinggal di kawasan Tangsel berasal dari amerika serikat terbilang baru dan cukup canggih tersangka AD bersama rekannya ED yang saat ini masih DPO memesan barang haram tersebut melalui internet atau situs darkweb dan melalui pembayaran dengan menggunakan BITCOIN Ketika sedang berada di philipina ” jelasnya.

Sementara di tempat yang sama, Kepala BNN Tangsel AKBP Stince Djonso , menambahkan sampai saat ini petugas BNN Kota Tangsel bersama BNNP Banten masih melakukan pengembangan terhadap jaringan predaran gelap narkotika tersebut dan masih melakukan pengejaran tersangka lain dan DPO yang terlibat.

“Dalam mengantisipasi maraknya narkotika jenis baru yang berasal dari luar negri maka perlu adanya peningkatan kerjasama antar lembaga penegak hukum baik dari BNN,  kepolisian, petugas imigrasi ataupun bea cukai dan tidak hanya itu masyarakat juga harus proaktif ikut serta berperan aktif dalam mencegah barang tersebut masuk ke Negara kita,” harapnya..

Akibat perbuatan tersangka AD alias K dejerat melanggar primair pasal 13 ayat(2) subsider pasal 114 ayat (2) lebih subsider pasal 112 ayat (2) Undang Undang RI Nomer.35 tahun 2009 tentang Narkotika diancam dengan pidana penjara paling lama 20 tahun atau pidana penjara singkat 5 tahun dan pidana denda paling banyak 10 miliar rupiah dan pidana denda paling sedikit 1miliar. (H3n)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kemendag musnahkan hasil pengawasan barang tahun 2018

Tidak sesuai ketentuan, Kemendag musnahkan barang sitaan tahun 2018

Jakarta, SUARA TANGERANG – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Tertib Niaga dan Perlindungan Konsumen menggelar ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com