caleg gagal faham

Aktivis Pemuda Peduli: Banyak caleg kurang faham fungsi legislatif

Tangerang, SUARA TANGERANG – Wakil Ketua Umum komunitas sosial Pemuda Peduli, Ahmad Fathutaman menilai banyak calon anggota legislatif (caleg) pada pileg 2019, tahun ini, kurang faham dengan fungsi legislatif yang menjadi tupoksi saat terpilih sebagai anggota dewan.

Penilaiannya Fathutaman ini didasarkan pada sejumlah fakta yang ditemui di lapangan, melihat sepak terjang para caleg dalam mencari dukungan dari masyarakat pemilih. Selain memperkenalkan diri lewat alat peraga kampanye (APK), calon anggota dewan yang terhormat ini tak sungkan-sungkan menebar janji manis, yang jika dilihat secara saksama melalui visi misinya tak beririsan dengan tupksinya nanti sebagai anggota legislatif.

“Sebagian dari mereka kurang faham dengan funsi legislatif, sehingga dalam memberikan janji terkesan ngawur,” kata Fathutaman, Jumat (8/7).

Lanjutnya, ada yang berjanji akan bangun infrastruktur, membuka lapangan pekerjaan, dan lain-lainnya, padahal itu merupakan tupoksi dari eksekutif, bukan legislatif.

Ia pun menyayangkan dengan rekruitmen parpol  dalam melakukan penjaringan caleg yang ditawarkan kepada masyarakat. “Parpol gagal dalam memberikan pendidikan politik terhadap para kadernya, sehingga banyak sekali para calon legislatif yang gagal faham. Jika nanti mereka terpilih, mereka akan kebingungan menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat,” ujar Aktivis muda ini.

Menurutnya edukasi politik sangat penting untuk memberantas kebodohan politik yang selama ini telah banyak  ‘memakan korban’, sebagian dari masyarakat begitu mudah terpedaya  dengan rayuan gombalnya para caleg tersebut.

” Masyarakat harus jeli dalam memilih para calon wakil rakyat, jangan sampai terlena dengan janji para caleg yang ngawur. Jadi, peran masyarakat dalam hal ini sangatlah penting, untuk merubah Indonesia yang lebih baik lagi,” tegasnya. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rekapitulasi Pilpres 2019

Rekapitulasi suara Pilpres 2019 rampung dini hari, KPU: Jokowi – Ma’ruf menang di 21 provinsi

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Pemilhan Umum (KPU)  RI telah merampungkan rekapitulasi suara Pilpres 2019 ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com