Airin bank sampah

Airin resmikan dua bank sampah di Benda Baru

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Meski bukan satu-satunya solusi penanganan sampah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bank sampah (waste banks) sedikit banyak dapat mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang diprediksi hanya mampu menampung beban sampah sampai tahun 2020.

Karena, pada Minggu 2 Maret 2019 lalu, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany ditengah kesibukannya berkenan meresmikan dua bank sampah di Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel.

Kedua bank sampah yang diresmikan yakni bank sampah cantik di RW 22 Villa Dago, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, dan RW 15 ban sampah Kiprah Puri Resik.

Menurut Airin, selain mampu mengurangi beban sampah, khususnya di TPA Cipeucang, bank sampah juga bisa mendapatkan nilai ekonomis dari sampah yang dikelola secara professional. ”Beberapa waktu lalu, saat peringatan Hari Sampah Nasionbal. Saya mendapatkan banyak cerita dari pengurus bank sampah di Tangsel. Ternyata, mereka mampu mendapatkan uang dari jual sampah. Dan dibagikan saat lebaran dan anak masuk sekolah. Tabungannya ada yang sekitar Rp.5 juta,” ujar Airin.

Namun di sisi lain, Airin mengaku  tengah dilema dengan aksi yang dilakukannya untuk mengurangi  sampah plastik. Padahal, bagi bank sampah, plastik memiliki nilai ekonomis yang tinggi. ”Tapi memang sekarang dunia sudah mengkhawatirkan dengan banyaknya sampah plastik. Dan, kita harus mengurangi konsumsi plastik, soalnya sulit diurai dan merusak lingkungan,” katanya.

”Nah, bagi pengurus bank sampah, tetap bersemangat jangan berkecil hati. Rezeki pasti akan ada saja, tidak harus dengan mengumpulkan sampah plastik,”

”Tak lupa, saya ucapkan selamat untuk pengurus bank sampah cantik asri RW 22 Villa Dago, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang dan RW 15 Bank Sampah Kiprah Puri Resik”  pungkas  Airin.

Sementara itu, Lurah Benda Baru Saidun mengatakan saat ini, di wilayahnya baru ada 19 bank sampah yang berdiri. Target bulan April mendatang bisa semua RW. ”Kami ada 24 RW. Target bulan April, semuanya akan memiliki bank sampah,” terangnya.

”Karena bank sampah memberikan manfaat. Makanya, kami mewajibkan seluruh RW harus memilki pengelolaannya,”singkatnya. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jalan Amblas

Jalan Raya Puspiptek amblas bentuk lubang besar, lalu lintas dialihkan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Jalan Raya Puspiptek tepatnya yang berada di depan Perumahan Serpong ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com