Cemerlang Studio Foto

Cegah plagiarisme, Owner Cemerlang Studio Foto ulas bedanya HAKI, PT dan CV

Depok, SUARA TANGERANG – Cemerlang Studio Foto Professional terus mengembangkan sayapnya dalam bisnis di bidang jasa fotografi. Liu Sin Kong sebagai pemilik (owner) usaha, gencar melakukan penertiban sekaligus menegur pihak lain yang memakai merek bisnisnya itu.

Liu pun berupaya keras agar merek usahanya tidak dijiplak. Menurut putra kelahiran Sambas, Kalimantan Barat itu, praktik plagiarisme bisa merusak iklim usaha di Indonesia.

Oleh karenanya, dia pun mengingatkan akan pentingnya memahami perbedaan antara Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Perseroan Terbatas (PT), dan Commanditaire Vennootscha (CV) dalam mendirikan suatu jenis usaha.

Diulas Liu, jika HAKI adalah hal yang sangat penting dalam mengembangkan usaha bisnis apapun, terlebih untuk usaha yang telah dijalani hingga puluhan tahun. Dari perspektif hukum, merek dagang adalah bagian dari hak kekayaan intelektual yang di lindungi Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2001.

“Merek dagang merupakan primadona utama yang menggerakkan roda usaha secara keseluruhan, merek dagang melambangkan orisinalitas produk yang diproduksi sehingga hal tersebut memegang peranan sangat penting dalam proses pemasaran produk dari produsen ke konsumen. Terutama dalam menjalankan dan mengembangkan usaha Bisnis Jasa Fotografi” jelas Liu, Rabu (27/3).

Dijelaskannya, bahwa merk yang terdaftar di Ditjen HAKI tentu sangat berbeda jauh dengan izin PT, CV, juga izin pendukung keduanya. Liu meyakini, bahwa bukanlah rahasia umum lagi di antara pebisnis besar di indonesia banyak yang mengetahui ketentuan itu.

“Semua pebisnis besar sangat paham dan sangat jelas merek HAKI yang terdaftar berbeda jauh dengan PT juga CV maupun izin pendukung lainnya,” imbuhnya.

Lanjutnya, bentuk PT lebih kepada suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal. Terdiri dari saham-saham yang pemiliknya memiliki sebagian saham dengan segala persyaratan lain, seperti SIUP, TDP, HO dan izin administrasi lainnya.

“Sementara CV bukan usaha berbadan hukum, karena tidak ada peraturan tertentu yang mengaturnya. Pada umumnya, CV banyak dipilih untuk kegiatan Usaha Kecil Menengah (UKM),” ulasnya lagi.

Masih kata dia, keuntungan yang paling besar dari mendaftarkan merek dagang adalah jaminan perlindungan hukum atas hak-hak sebagai pemilik merek dagang. Hal itu diatur dalam UU mengenai Hak Cipta Tahun 2002 yang disahkan langsung oleh Presiden.

“Maka perlindungan hukum ini adalah senjata utama untuk melindungi orisinalitas perusahaan yang tengah dikembangkan. Jadi jika suatu saat ada usaha penjiplakan yang dilakukan oleh kompetitor terhadap produk yang sama, mereka dapat diseret ke meja hijau untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tegasnya.

Liu juga menambahkan, kemajuan teknologi informasi saat ini turut menyebabkan peningkatan angka plagiarisme dalam berbagai bidang, mulai dari akademis hingga bidang bisnis.

“Jika sudah didaftarkan, merek dagang anda akan diakui oleh pemerintah sehingga usaha branding perusahaan akan semakin mudah dan aman dari tindakan plagiarisme,” ungkap Liu.

Pemilik Cemerlang Studio Foto Indonesia ini juga menambahkan, jika tanpa adanya status merek dagang yang jelas, usaha apa pun yang dimiliki pengusaha dalam memasarkan produknya akan sia-sia karena siapa saja dapat menjiplak produk jenis usaha yang sama.

“Tentu hal ni sangat mungkin berujung pada penurunan citra perusahaan, apalagi jika produk jiplakan di pasaran memiliki kualitas rendah yang tidak memenuhi standar produksi perusahaan. Jelas ini sangat merugikan, dan menjatuhkan usaha yang sedang kita kembangkan. Kami sudah mengalaminya, maka kami gencar melakukan tindakan peneguran yang menjiplak merk usaha kami,” bebernya.

Dia berharap, merek dagang yang sudah terdaftar itu akan membantu masyrakat memilih antara barang orisinil dengan yang palsu, begitupun sebaliknya. Sekaligus mencirikan suatu produk yang jauh lebih berkualitas kepada konsumen.

Sampai saat ini, Liu Sin Kong pemilik merek Cemerlang Studio Foto itu terus melakukan tindakan peneguran serta penertiban pada pengguna merek Ilegal usahanya dengan sanksi peraturan yang berlaku di Indonesia. (H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Aksi protes di Mapolres Tangsel

ABG dianiaya di sel tahanan, Keluarga desak Kapolsek Ciputat dicopot

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  – Sita Rosmalina, dengan wajah penuh amarah, menyampaikan orasinya di depan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com