Airin Rakerwil Apeksi di Semarang

Airin buka Raker Apeksi Komwil III di Semarang

Semarang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) membuka Rapat Kerja (Raker) Apeksi Komisariat Wilayah (Komwil) III di Semarang, Jumat (29/3).

Untuk diketahui, ApeksiKomwil III merupakan penggabungan pemerintah kota yang ada di Provinsi Banten, Jawa Barat Jawa, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Dalam raker tersebut akan dibahas empat rekomendasi hasil kesepakatan. Keempat rekomendasi, pertama mendorong revisi Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait anggaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang dibebankan ke APBD.

Kedua, Penyempurnaan implementasi Online Single Submission (OSS) dengan proses perizinan daerah. Ketiga, peninjauan undang undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi terkait dana bagi hasil. Kemudian, keempat peninjauan mekanisme rujukan BPJS.

Nantinya rekomendasi ini akan dibawa ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi tahun 2019 untuk dibahas.

Sebagai ketua Apeksi Airin mengatakan, sebagai forum silaturahim pemerintah kota Apeksi diharapkan dapat melahirkan kebijakan yang inovatif dalam menunjang pelayanan publik yang prima.

“Rakernas Apeksi akan digelar tahun ini. Keberadaan Apeksi untuk dapat meningkatkan hubungan kerjasama antar kota yang dapat menompang pertumbuhan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Menurut Airin keberadaan wadah Apeksi diharapkan dapat mampu meningkatkan daya saing bagi pemerintah kota selama masa otonomi daerah. Apeksi aktif memberikan berbagai usulan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat terkait otonomi daerah.

Sementara, Wali Kota Tegal HM. Nursholeh mengatakan, Apeksi juga menjadi wadah tukar pikiran, gagasan untuk mencari solusi permasalahan di masing-masing kota.

“Maka eksistensi Apeksi perlu dijaga untuk menjadi jembatan pemerintah kota dengan pusat,” ucapnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mobil dinas

ASN dilarang gunakan mobil dinas saat mudik dan terima parsel lebaran

Jakarta, SUARA TANGERANG – Menghadapi tradisi mudik lebaran dan libur panjang mulai Sabtu (1/6), Menteri ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com