Tidak kuorum, rapat paripurna DPRD Tangsel tetap jalan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG  — Rapat paripurna DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan agenda mendengar jawaban Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany terhadap pandangan umum Fraksi tentang Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, pada Kamis (20/6) akhirnya dapat dilaksanakan meski tidak dihadiri sejumlah anggota Dewan.

Padahal, sesuai ketentuan tata tertib sidang, rapat paripurna bisa dikatakan memenuhi kuorum jika jumlah anggota yang hadir 2/3 atau sekitar 25 sampai 30 anggota DPRD yang hadir.

Berdasarkan pantauan sejumlah wartawan dari beberapa media massa yang bertugas meliput rapat paripurna tersebut, hanya ada 28 anggota Dewan yang tercatat dan menantangani daftar hadir rapat yang dimaksud.

Dan, pada saat pembukaan rapat paripurna, Wakil Ketua DPRD Tb.Bayu Murdani menjelaskan bahwa ketidakhadiran sejumlah anggota Dewan dalam sidang yang sempat tertunda beberapa jam lamanya itu karena sebagian besar dari anggota Dewan karena beberapa hal.

“Sebagian anggota  izin karena sakit, kepentingan keluarga, dan kepentingan pribadi,” kata Tb Bayu, Kamis (20/6).

Menanggapi tidak kuorumnya rapat paripurna pada hari Kamis tersebut, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Tangsel Gacho Sunarso mengaku akan tegas terhadap anggota Dewan yang sering mangkir saat rapat paripurna. Upaya ini dilakukan demi menjunjung kedisiplinan sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap rakyat.

“Kami akan tegas terahap anggota Dewan yang jarang ikut rapat paripurna. Prosesnya sesuai dengan tata tertib yang mengatur hak dan kewajiban anggota Dewan,” katanya.

Gacho menegaskan, proses penindakan terhadap anggota dewan yang sering mangkir dari tugasnya akan dilakukan secara berjenjang. Menurutnya, sanksi tegas tersebut harus dari Ketua Fraksi masing-masing, namu secara lisan BK sudah sering menyampaikan hal itu saat rapat Badan Musyawarah (Banmus).

“Sanksi tegas itu ya dari Ketua Fraksi masing-masing jika anggota Dewan yang sering bolos paripurna. BK hanya menyampaikan saja secara lisan ke masing-masing Fraksi,” tegasnya. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPU Kab Tangerang tetapkan caleg terpilih pemilu 2019

KPU Kab Tangerang tetapkan 50 anggota DPRD terpilih

Tangerang, SUARA TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabapaaten Tangerang telah menetapkan 50 anggota DPRD ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com