BREAKING NEWS

PT Mowilex Indonesia gunakan standar pelabelan yang berdasarkan peraturan kualitas udara di California

Jakarta, SUARA TANGERANG — Untuk memudahkan konsumen agar lebih mudah dalam membuat keputusan berdasarkan fakta, PT Mowilex Indonesia (Mowilex) telah menerbitkan suatu pedoman mengenai bagaimana produk-produk mereka dikategorikan menurut emisi VOC (Volatile Organic Compounds, senyawa organik yang mudah menguap) dari produk-produk tersebut. Pedoman perusahaan ini menunjukkan ketentuan di mana istilah “Zero VOC”, “Ultra Low VOC”, dan “Low VOC” dapat digunakan pada produk-produk Mowilex.

Produk-produk merk Mowilex merupakan cat latex yang berdasarkan air ramah lingkungan yang pertama dimanufaktur di Indonesia pada tahun 1970. Perusahaan ini terus berlanjut untuk membangun di atas warisan ini, dengan produk-produk utama mereka diberi sertifikasi “Green Label”.

Novina Tjahjadi, Direktur Research and Development serta Senior Scientist di PT Mowilex Indonesia, mengatakan bahwa “tidak adak standar atau persyaratan di tingkat nasional untuk memberitahu kadar VOC pada suatu produk di Indonesia. Bahkan, peraturan untuk pemberitahuan VOC pada suatu produk berbeda di tiap negara, dan bahkan di dalam suatu negara, tiap daerah dan wilayah memiliki peraturan mereka sendiri.” VOC mempengaruhi kualitas udara, dan ada kemungkinan VOC tersebut mengandung racun tergantung dari sifat emisinya.

Panduan yang diterbitkan oleh PT Mowilex Indonesia berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh badan SCAQMD (South Coast Air Quality Management District/Distrik Pengelolaan Kualitas Udara Pesisir Selatan) di negara bagian California, Amerika Serikat, yang berlaku sejak Januari 2019, dan EPA (Environmental Protection Agency/Badan Perlindungan Lingkungan) Amerika Serikat. California memiliki batas VOC yang paling ketat untuk pelapis dekoratif dan arsitektural adalah 50 g/L (gram/liter) namun banyak pelapis dan pernis diizinkan untuk memiliki kadar VOC sebanyak 275 g/L. Dari EPA, batas VOC adalah di antara 250 hingga 800 g/L.

Dari Mowilex, batas untuk produk “Zero VOC” adalah emisi yang tidak dapat terdeteksi (“non-detect levels”), yaitu 5 g/L atau di bawah itu.

Untuk produk yang dinyatakan “Ultra-Low VOC”, batasnya maksimal emisi adalah 40 g/L, atau 20% lebih baik dibanding batas yang paling ketat di California. Sementara untuk pelapis “Low VOC” memiliki emisi maksimal yang berada pada tingkat yang 70% lebih baik dibanding batas yang paling ketat dikeluarkan oleh EPA Amerika Serikat.

Kebanyakan dari produk cat dan pelapis dari Mowilex diberikan label “Zero VOC”.

Transparansi mengenai bagaimana produsen memberikan label mengenai emisi VOC pada produk mereka masih sangat kurang di Indonesia. “Ini merupakan suatu masalah untuk kami,” kata Anna Wibowo, Chief Marketing Officer PT Mowilex Indonesia. “Pelanggan kami mempercayai brand kami, tetapi pasar masih tidak konsisten mengenai cara memberikan label pada produk. Konsumen dan arsitek memiliki pengetahuan yang luas dan khawatir mengenai dampak lingkungan dari produk-produk yang mereka gunakan, dan jika menggunakan produk kami, mereka tahu persis apa yang akan mereka dapatkan.”

“Ini bukan hanya mengenai pelabelan,” Novina menambahkan. “Kita terus berusaha menjadi pemimpin pasar yang kontemporer dan beretika. Kami merasa bahwa pemberitahuan kadar VOC pada label memerlukan suatu tingkat integritas tertentu yang tanpanya konsumen akan kehilangan kepercayaan dan klaim dari produsen dibesar-besarkan.”

“Dengan menggunakan dasar standar California – yang merupakan standar paling ketat di dunia –  untuk pelabelan VOC produk kami, kami ingin membawakan kredibilitas dan transparansi tingkat tinggi pada prosesnya,” kata Anna. “Ketika Anda membeli produk WP02 Waterproof kami, contohnya, Anda dapat memastikan bahwa produk itu adalah produk ‘Zero VOC'”.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pelabelan VOC pada produk Mowilex, silakan mengunjungi: www.mowilex.com/voc 

Tentang Mowilex

Mowilex adalah merk cat premium yang diproduksi di Indonesia sejak 1970. Produk-produk PT Mowilex digunakan di berbagai commercial building, hotel, apartemen dan perumahan, serta terkenal karena mudah digunakan dan memiliki kualitas yang tinggi. Mowilex telah memperoleh penghargaan sebagai Pemenang Pertama Word of Mouth Marketing Award – Decorative Paint Category 2009, 2011 dan 2013, The First Champion Indonesia Original Brand 2014, The First Champion Indonesia Original Brand category Exterior Paint 2019.


Sumber: PRNewswire

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Forum Hongqiao tawarkan kearifan bagi pembangunan ekonomi global

Shanghai, SUARA TANGERANG – Di tengah meningkatnya ketidakpastian di sektor perdagangan, ajang “Hongqiao International Economic ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com