BREAKING NEWS

Uci Sanusi : Sebagian besar bangunan di Tangsel tidak memiliki alat proteksi kebakaran

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Uci Sanusi mengatakan bahwa hampir sebagian besar bangunan di kota Tangsel ternyata, tidak memiliki alat proteksi kebakaran.

Hal itu dikatakan Uci dalam kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Alat Proteksi Kebakaran Pada Bangunan Gedung di Resto Sae Pisan, Serpong, Tangsel, Selasa (19/11) lalu.

Menurut Uci, sejauh yang diperiksa oleh pihaknya saat ini masih ada bangunan yang tidak memiliki proteksi kebakaran, atau pun Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Restoran misalnya, tempat ini pasti akan selalu berhubungan dengan gas, api sehingga rentan kebakaran. Karenanya, ia berharap tempat ni harus memiliki alat pemadam api sesuai dengan jenisnya dan disesuaikan dengan potensi atau sumber api yang ada di dapur.

“Jujur, kita belum bisa mencakup seluruh bangunan atau gedung di Tangsel. Hal ini, karena keterbatasan SDM, dan itu belum termasuk bangunan yang kecil-kecil,” ujar Uci.

Uci pun menyampaikan, bahwa pihaknya juta telah melayangkan surat ke beberapa gedung dan apatertemen di Tangsel untuk melengkapi tempatnya dengan APAR, namun masih ada saja yang belum mau.

Ia pun menuturkan, bahwa idealnya bangunan dengan 4 lantai keatas seperti hotel, mall, dan supermarket wajib memiliki proteksi yang lengkap, karena tempat – tempat tersebut tadi memiliki jumlah pengunjung yang banyak.

“Dan, terkait dengan kegiatan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan hari ini merupakan salah satu upaya antisipasi terjadinya kebakaran di beberapa gedung yang sudah memiliki instalasi kebakaran. Disini, kami melakukan pembinaan dan pengawasan, sekaligus ada kewajiban memeriksa proteksi kebakaran gedung minimal setahun sekali,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran semestinya telah dilakukan proteksi sejak awal sebuah gedung didirikan, karena akan ada kesulitan jika gedung tersebut telah berdiri dan tidak memiliki instalasi pengamanan kebakaran, termasuk memiliki APAR bagi gedung yang telah lama berdiri. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Untuk ketiga kalinya, Kota Tangerang kembali raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com