Universitas Binawan buka posko cepat tanggap korban terdampak banjir di Jakarta

Jakarta, SUARA TANGERANG –Tingginya curah hujan yang mengguyur Jabodetabek pada  Rabu 1 Januari 2020 lalu, telah mengakibatkan sejumlah daerah di wilayah ini terdampak banjir.  

Ratusan rumah terendam, ribuan warga pun harus rela meninggalkan rumahnya.

Tak terkecuali warga Cawang dan Cililitan Kecil, Kramatjati, Jakarta Timur.  Mereka harus mengungsi ke Universitas Binawan yang letaknya berada di dataran lebih tinggi dibandingkan rumah tinggal mereka.

Menurut Wakil Rektor Universitas Binawan,Dr.Ayu Nindya, Psi kolog, ratusan warga yang mengungsi ke kampus Universitas Binawan  diterima dengan terbuka oleh pihak kampus.

Warga pun dipersilahkan untuk menempati lobi hingga selasar kampus sebagai hunian sementara.

Beralaskan tikar dan karpet, warga mengubah kampus sebagai posko bencana banjir.

Mereka pun memanfaatkan fasilitas kampus, seperti toilet hingga kantin sebagai dapur umum untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi.

“1 Januari 2020 menjadi pembuka awal tahun yang dinanti-nanti sebagai pembuka lembaran hidup baru. Namun, sebagian warga justru harus menghadapi bencana,” ungkapnya dalam siaran tertulis pada Kamis (2/2).

Berbekal hal tersebut, pihaknya mengaku kini meliburkan aktivitas kampus dan fokus memberikan pertolongan kepada para korban banjir.

Pihaknya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun posko kesehatan bagi warga terdampak banjir.

Sebab, tidak hanya kehilangan harta benda, bencana banjir katanya menyebabkan kesehatan warga menurun.

“Universitas Binawan telah menjadi salah satu posko pengungsi para korban banjir, khususnya untuk para warga kelurahan Cawang dan Cililitan Kecil yang terkena banjir,” ungkap Ayu Nindyati.

Oleh karena itu, Universitas Binawan membuka kesempatan kepada para alumni, mahasiswa, civitas akademika dan masyarakat umum yang ingin memberikan sumbangan.

Bantuan berupa barang seperti makanan, pakaian, selimut, alat kebersihan dan lainnya dapat disalurkan ke Posko Tanggap Bencana  Universitas Binawan, Jalan Kalibata Raya RT 08/11, Kramatjati, Jakarta Timur.

“Uluran tangan kita semua akan sangat bermanfaat bagi mereka.”

“Disamping itu, kami juga membantu anak-anak pengungsi dengan terapi bermain yang dikoordinir oleh Fakultas Kesejahteraan Sosial dan secara menyeluruh kegiatan menampung pengungsi banjir sudah biasa dilakukan oleh Universitas Binawan yang melibatkan semua Fakultas yang ada di Universitas Binawan, “ tutupnya. (Lukman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelepasan Pawai Obor SMK Pustek Serpong

Ribuan siswa SMK Pustek gelar pawai obor 1 Muharram

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Ribuan siswa SMK Pustek, Serpong Utara, Tangerang Selatan (Tangsel) Sabtu ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com