Setnov ditahan KPK

KPK cabut pembantaran penahanan SN tersangka kasus KTP elektronik

Jakarta, SUARA TANGERANG – Setelah dinyatakan sehat oleh tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dan Ikan Dokter Indonesia (IDI), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya mencabut pembantaran penahanan terhadap SN tersangka kasus KTP elektronik.

Selama pembantaran penahanan dilakukan, SN berada dalam proses perawatan di RSCM dengan penjagaan tim KPK dan dukungan Polri.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan SN sebagai tersangka. SN selaku Anggota DPR periode 2009 – 2014 bersama-sama dengan Anang Sugiana Sudihardjo, Andi Agustinus, Irman selaku Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, dan Sugiharto selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, diduga secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dalam pengadaan paket penerapan KTP Elektronik tahun 2011-2012 pada Kemendagri. Dalam kasus ini, negara diduga mengalami kerugian sekurangnya Rp2,3 triliun dari total nilai paket pengadaan sekitar Rp5,9 triliun.

Dengan dicabutnya pembantaran penanahan terhadap SN, maka mulai malam tadi, Minggu (19/11)SN resmi ditahan di Rutan KPK.

Atas perbuatannya, SN disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan penahanan terhadap SN, sah. Penahanan dilakukan dengan dasar hukum KUHAP.

“Dasar hukum penahanan itu sangat kuat dan jelas diatur Pasal 21 KUHAP (yang mengatur) alasan objektif dan subjektif,” ujar Febri kepada wartawan di RSCM, Jakarta, Minggu (19/11).

Alasan objektif yang dimaksud terkait dengan tindak pidana dan ancaman pidana terhadap tersangka. Sedangkan alasan subjektif yakni pertimbangan penyidik soal kekhawatiran tersangka melarikan diri, merusak/menghilangkan barang bukti dan kekhawatiran soal tersangka akan mengulangi tindak pidana. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ilustrasi K3

Kebakaran pabrik kembang api di Kosambi Tangerang, masyarakat dorong revisi UU K3

Tangerang, SUARA TANGERANG – Kebakaran pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang menimbulkan sejumlah keprihatinan dan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com