BREAKING NEWS
DPUPR Kota Tangerang2

Optimalisasi penanganan banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang lakukan studi masterplan

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Tingginya intensitas hujan selama sepekan terakhir ini dikhawatirkan akan menimbulkan genangan air dan banjir di bebepa titik di Kota Tangerang.

Karenanya, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Seribu Industi dan Sejuta Jasa ini telah berkoordinasi  dengan Dinas/Badan serta Lembaga terkait untuk mengantisipasi  segala kemungkinan yang terjadi.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, H Nana Trisyana ST, MM salah satu antisipasi untuk mengantisipasi banjir di beberapa titik di kota ini adalah dengan menyaipakan tim piket banjir yang terdiri dari  tim drainase dan tim SDA.

DPUPR Kota Tangerang1

Optimalisasi penanganan genangan dan banjir di Kota Tangerang

“Tim drainase untuk mengantisipasi genangan dan tim SDA untuk menyiagakan dan mengoperasikan pintu air dan pompa-pompa banjir yang berada di perumahan langganan banjir atau titik-titik sistem pengendalian banjir,” kata Nana Trisyana, Tangerang, Rabu (29/11).

Lanjutnya, kurang lebih 109 unit pompa air telah disiagakan, terumasuk  terus melakukan koordinasi dengan seluruh unsur termasuk dari Kepolisian, TNI dan aparatur kecamatan serta kelurahan, sehingga pengendalian banjir di Kota Tangerang bisa lebih optimal.

Selain itu, Kadis PUPR juga mengungkapkan, kalau untuk mengantisipasi  genangan air dan banjir Dinas PUPR sedang melakukan studi masterplan pengendalian banjir dan drainase perkotaan. Dari studi ini diharapkan dapat menghasilkan uraian lengkap mengenai potensi dan permasalahan sistem drainase di Kota Tangerang.

“ Dari studi ini, diharapkan tersedianya data spasial terkini berupa peta foto resolusi sangat tinggi dan peta dasar skala besar Kota Tangerang, termasuk membuat peta garis digital Kota Tangerang dengan skala 1: 5000, dengan luas yang ditinjau ± 164.54 km2. Dan, membuat peta garis digital Kota Tangerang dengansSkala 1: 1000, kawasan terpilih untuk dilakukan DED,” jelas Nana Trisyana.

Hasil studi tersebut juga diharapkan dapat tergambarnya kondisi sistem drainase eksisting di Kota Tangerang yang mencakup sistem alamiah dan sistem buatan. “Termasuk dapat menghasilkan suatu usulan indikasi program penataan sistem drainase berdasarkan kajian potensi dan permasalahan sebagaimana dijelaskan tadi,” ujar Nana sapaan akrab H Nana Trisyana.

DPUPR Kota Tangerang3

Aktivitas pemasangan gorong-gorong di titik rawan banjir

“Hal lain yang diharapkan dari studi ini adalah dihasilkannya peil banjir di seluruh Kota Tangerang,” ungkap Nana.

Masih menurut Nana, studi tersebut bisa memberikan suatu pedoman acuan untuk pengembangan pembangunan ke depan sistem drainase dengan memperhatikan kondisi eksternal dan internalnya, yang dapat digunakan dan dapat dipertanggung jawabkan untuk pengembangan pada tahap-tahap berikutnya.

Selain itu, Nana juga mengungkapkan kondisi real atau eksisting terkait dengan penanggulangan genangan dan banjir di Kota Tangerang  serta rencana penangannya, sebagai berikut.

Kondisi eksisting :

  • Tangerang terbagi dalam 3 DAS besar yaitu Cirarab, Cisadane dan Angke
  • Teridentifikasi Jumlah Total Titik Lokasi Banjir Dan Genangan
  • Pompa dan pintu air beberapa megalami kerusakan
  • Sedimentasi Saluran
  • Muka air genangan lebih rendah dari pada muka air sungai
  • Kapasitas saluran drainase tidak memadai
  • Terjadi Perubahan Tataguna lahan: Lahan terbangun dari 62% menjadi 77 %, dan lahan tidak terbangun dari 38% menjadi 23%

Rencana Langkah Penanganan:

  1. Normalisasi beberapa saluran drainase
  2. By pass kali untuk menurunkan puncak hydrograph banjir.
  3. Pembuatan saluran kolektor drain yang dilengkapi dengan sistem pompa terpusat
  4. Pembuatan beberap kolam detensi
  5. Normalisasi sungai dengan ditanggul.

(Advetorial)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ilustrasi-sertifikat-tanah

Disinyalir, sejumlah aset Pemkot Tangerang hilang

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Permasalahan aset di Kota Tangerang seperti tidak ada habisnya. Sejumlah ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com