Ratusan siswa SMK ikut pelatihan dari Galeri 37

Ratusan siswa SMK di Tangsel ikut program pengembangan ekonomi kreatif

Serpong, SUARA TANGERANG – Ratusan siswa dari 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Selasa (25/4) ikut program pengembangan ekonomi kreatif, diprakarsai Dinas Pariwisata kota Tangsel.

Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata kota Tangel, Chairudin tujuan dari program ini adalah untuk membekali keterampilan dan sekaligus memberikan pemahaman kepada para siswa bahwa ada sejuta cara yang bisa diandalkan untuk meningkatkan pendapatan lewat ekonomi kreatif, dan tidak hanya menunggu atau mengandalkan hasil alam saja.

“Ekonomi kreatif itu terdiri dari banyak hal, bisa dari seni, fashion, handicraft dan lain sebagainya,” tuturnya.

Lebih lanjut kata Chairudin, lihat Galeri 37, berbagai produk handicraft yang dihasilkan bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda, “Tadinya harga jualnya 50 ribu per pcs, setelah disentuh kreatifitas seni, harganya bisa mencapai 100 ribu per pcs,” kata Chairudin.

Sementara itu, salah seorang pelajar dari SMK TI PGRI Tangsel, Tasya Savira (16) yang ikut dalam program tersebut menyampaikan bahwa dirinya banyak menemukan hal yang baru dalam pelatihan yang diberikan Galeri 37 dan difasilitasi Dinas Pariwisata kota Tangsel ini.

“Ini adalah acara yang positif, yang menjadikan kita lebih banyak tahu dan kreatif. Seperti kita ketahui bersama kalau di luar sana banyak anak-anak sekolah masih melakukan hal-hal yang tidak positif, karenanya dari pada terbawa arus lebih baik kita mengembangkan kreatifitas seperti saat ini,” ungkap Tasya.

Tutur Tasya, “Saya baru pertama kali tahu kalau tisu bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai jual tingginya,” akunya sembari mengerjakan latihan handicraft yang diajarkan Galeri 37.

Galeri 37 terbuka untuk siapa pun

Ketua Galeri 37, Nuning Sekarningrum yang menjadi nara sumber pada acara pengembangan ekonomi kreatif yang dilaksanakan di Resto Anggrek, Jalan Raya Viktor Buaran, Serpong, Tangsel tersebut mengatakan, Galeri 37 selalu terbuka untuk siapa pun yang ingin memanfaatkan waktu luang, dengan datang langsung ke rumah kreatifnya di wilayah Rawah Buntu.

“Acara ini cukup menarik, dan merupakan salah satu cara memanfaatkan waktu bagi para siswa SMK, di sini mereka diajarkan banyak hal tentang keterampilan yang tidak mereka dapatkan di sekolah. Kelak, ketika mereka lulus sekolah, mereka dapat berinovasi membuat lapangan kerja sendiri, dan tidak bergantung pada ketersediaan lapangan kerja yang saat ini semakin sulit,” pungkas Nuning. (1st/Rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mahasiswa UPH Tangsel

Puluhan mahasiswa UPH, PKL di Kampung KB Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Sebanyak 80 mahasiswa Fakultas Management Ekonomi (FME) Universitas Pelita Harapan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com