Kader Kesehatan Ciputat Timur

Airin sampaikan klarifikasi soal baliho 1000 hari pertama periode emas yang viral di sosial media

Ciputat Timur, SUARA TANGERANG – Kampanye peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan program 1000 hari pertama kehidupan (HPK), yang lebih populer dikenal dengan slogan 1000 hari pertama periode emas ini dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) lewat baliho sosialisasi Dinas Kesehatan bergambar Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany ramai dibicarakan di sosial media.

Baliho bertuliskan “Kehamilan 1000 Hari Pertama Periode Emas Janin” ini langsung mendapat kritikan dari pengamat politik Burhanudin Muhtadi.

“Namanya janin itu belum lahir. Kalau dibilang 1000 hari pertama periode emas janin artinya janinnya berusia tiga tahun. Terserah Airin deh,”  cuitnya di akun @BurhanMuhtadi, Selasa (11/5).

Baliho 1000 Hari Pertama Kehidupan

Baliho 1000 Hari Pertama Periode Emas

Sebelumnya, Burhanudin menulis  “Ini walikotaku!! Khusus di Tangsel, hamil bisa sampai 1000 hari”.

Cuitannya itu pun menuai berbagai komentar, salah satunya dari Iswahyudi @anakhamer, “Salah redaksional kayaknya pak, 1000 hari pertama anak yg dimulai dari masa kandungan, hamil 1000 hari mah mungkin buat bayi gajah,” komen Iswahyudi.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Airin dalam kegiatan Pembinaan Kader Kesehatan se-Kecamatan Ciputat Timur menjelaskan, terkait  pencanangan “1000 hari pertama periode emas” yang merupakan salah satu program menuju Indonesia Sehat dan Cerdas, yang dikritik dan disalah artikan sebagian masyarakat yang viral di sosial media itu merupakan bagian dari program Kementerian Kesehatan yang masih jarang didengar orang.

“Maksud dari slogan ini adalah bahwa periode emas itu dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan, hal ini dimulai pada fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). Periode ini dianggap menjadi periode emas karena periode ini merupakan langkah awal yang paling penting dalam pemenuhan gizi pada anak sejak dini,” jelas Airin dalam sambutannya pada acara yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangsel di Wisma Syahida Inn UIN, Ciputat Timur, Jumat (12/5).

Karena itu Airin menghimbau kepada para Kader Kesehatan agar dapat mensosialisasikan hal tersebut sehingga  tidak terjadi kesalahan dalam memberikan informasi ke masyarakat. (1st)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tangsel zona oranye, Benyamin minta masyarakat patuhi protokol kesehatan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Pemerintah pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengumumkan Kota ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com