Airin kader kesehatan

Tingkatkan PHBS, Dinas Kesehatan Tangsel menggelar sosialisasi Germas

Serpong, SUARA TANGERANG – Perilaku hidup yang tidak sehat ditambah minimnya ketersediaan air bersih  dan sanitasi lingkungan yang masih jauh dari memadai di beberapa tempat merupakan masalah kesehatan yang saat ini timbul di masyarakat.

Masalah kesehatan ini sebenarnya dapat dicegah bila fokus penyelesaiannya  diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Karena itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), kepada seluruh kader kesehatan se-Kota Tangerang Selatan di Aula WTC Serpong, BSD, Selasa (23/5).

Pelakasana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Listya Windyarti, mengatakan sosialisasi Germas ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan terhadap para kader kesehatan, agar mereka memiliki pengetahuan dan kualitas yang mumpuni dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada di lingkungannya masing-masing.

“Sosialisasi Germas ini sekaligus merupakan kegiatan pembinaan terhadap para kader kesehatan,” kata Listya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengatakan berkumpulnya para kader kesehatan di Aula  WTC Serpong, BSD ini adalah dengan  tujuan, saat turun ke masyarakat nanti, bisa mengerti apa yang akan disampaikan atau disosialisasikan.

Airin kemudian menggunakan kesempata ini untuk menjelaskan mengenai 1000 hari kehidupan yang kemarin sempat ramai dibicarakan di media. Kata Airin, 1000 hari pertama kehidupan adalah 270 hari selama masa kandungan kehamilan itu adalah periode emas janin ditambah 730 hari kehidupan selama 2 tahun adalah periode emas balita. Jadi 1000 hari kehidupan dimulai dari kandungan sampai dengan usia anak balita adalah masa keemasan anak.

“Untuk masalah tersebut, kader kesehatan sudah tahu apa yang harus dilakukan. Tugas kader adalah membantu menjelaskan kepada masyarakat, termasuk mengarahkan mereka untuk memeriksakan bayi dalam kandungan dan anak – anak balitanya ke Posyandu atau ke Puskesmas terdekat,” ungkap Airin. (H3n)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mak Icot Buah Timur Suri

Timun Suri, primadona pelepas dahaga di bulan Ramadan

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG –  Timun Suri  yang memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus ini, adalah ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com