Seminar UKM

Seratus pelaku usaha mikro di Tangsel ikut seminar pengembangan kompetitif produk UKM

Serpong, SUARA TANGERANG – Produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menembus pasar ekspor. Hanya saja, masih banyak yang tidak tau dan memahami bagaimana prosedur dan mekanisme yang harus dilalui supaya produknya bisa dieskpor ke luar negeri.

Karenanya, untuk mengatasi permasalahan tersebut Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Koperasi dan UKM mengadakan acara “Fasilitasi Pengembangan Keunggulan Kompetitif Produk UKM”, yang digelar di Hotel Sol Marina Serpong, BSD, Jumat (26/5).

Hadir di dalam acara yang diikuti sekitar 100 pelaku UKM ini antara lain Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan Kota Tangsel Dedi Budiawan, Plt. Kepala Dinas Koperasi drg. Dahlia Nadeak, M.Kes, dan beberapa narasumber yang berasal dari instansi pemerintahan serta akademisi.

Menurut Plt. Kepala Dinas Koperasi Dahlia, saat ini UMKM di kota Tangsel jumlahnya sudah mencapai ribuan dan yang telah difasilitasi oleh Pemerintah Tangerang Selatan sekitar 500 karena berpotensi untuk memasuki pasar global. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini UMKM di Tangsel dapat berbenah diri, mulai dari memerbaiki manajemen produksi, keuangan hingga pemasaran dengan target dapat mengangkat citra positif UMKM di era pasar global saat ini.

“Saya berharap acara kali ini dapat bermanfaat bagi pelaku UKM dengan menyimak paparan yang diberikan oleh para narasumber yang hadir di tengah – tengah kita semua,” ungkap Dahlia.

Senada, Staf Ahli bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan Dedi Budiawan menyampaikan, “Acara ini menjadi sangat penting karena dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pelaku UKM yang hadir untuk mengembangkan kegiatan usahanya kedepan,” tutur Dedi.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, yang berksempatan memberikan arahannya, mengatakan tak hanya persoalan manajemen produksi dan keuangan yang perlu diperhatikan para pelaku UMKM, tapi manajemen penjualan atau pemasaran perlu juga diperbaharui, salah satunya dengan cara memanfaatkan sistem online yang saat ini sedang ramai dilakukan, agar kegiatan usaha UMKM bisa menembus pasar internasional.

Selain itu, Airin juga berharap dengan adanya penjelasan lain seperti mengenai Letter of Credit, peningkatan produksi dan kualitas output yang baik,  dapat menghantarkan UMKM menjadi kegiatan mikro usaha yang tidak hanya Berjaya di tingkat nasional melainkan sampai ke tingkat internasional. “Tanyakan apa yang dirasa kurang mengerti agar nantinya bisa membagikan informasi kepada para pelaku UMKM yang lain,” kata Airin. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Nasi Kebuli Al-Farizi resmi dibuka

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Jumat, 28 Agustus 2020, bertempat di Food Court Retro Hits ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com