Airin Hari Lahir Pancasila

Airin: Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa

Serpong, SUARA TANGERANG – Apel peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2017 oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan melaksanakan apel di Lapangan Cilenggang, Serpong, Kamis (1/6), diikuti oleh seluruh jajaran Eselon I – IV dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangsel.

Apel yang dimulai pada pukul 07.30 WIB pagi tadi, dipimpin langsung oleh Wali Kota Airin Rachmi Diany.

Dalam arahannya, Airin menyampaikan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang  dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah dasar negara yang memersatukan bangsa kita saat ini.

“Berkat jiwa besar mereka, the founding fathers, para ulama, dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara yang telah membangun kesepakatan bersama bahwa Pancasila merupakan rumusan yang bulat dan utuh serta tidak terpisahkan satu dengan lainnya, seperi yang kita kenal saat ini,” kata Airin, Kamis (1/6).

Lanjut Airin, kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini sedang diuji. Kebhinekaan kita sedang dikoyak-koyak, saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam Kebhinekaan dan Keikaan kita. “Ada gerakan dan sikap intoleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila. Masalah ini kemudian semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,” ungkap Airin dalam pidatonya.

Karenanya, pada kesempatan tersebut Airin mengajak kepada seluruh masyarakat untuk belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara.

Lebih lanjut ia berpesan khususnya kepada generasi muda kota Tangsel untuk lebih mengamalkan nilai- nilai pancasila di dalam kehidupan sehari–seharinya.

 

“Kita harus bisa memahami dahulu apa itu Pancasila dan nilai–nilai yang terkandung di dalamnya, seperti apa idelogi pemersatu bangsa ini harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan benegara kita,” tutur Airin.

Karenanya, ia berharap agar aparatur daerah Pemerintah kota Tangsel untuk mengingatkan masyarakat mengenai arti Pancasila di dalam kehidupan dan juga sebagai dasar negara. (1st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Konfercab III, KH Abdullah Mas’ud terpilih jadi Ketua PC NU Kota Tangsel

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Konferensi Cabang (Konfercab) III Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com