Laskar Betawi DPD Tangsel

Ramadan 1438 H, Laskar Betawi DPD Tangsel kembali menggelar Tarawih keliling

Tangerang Selatan, SUARA TANGERANG – Salat Tarawih, kadang-kadang disebut Teraweh atau Taraweh adalah salat sunnat yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari tarwiyah yang diartikan sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Waktu pelaksanaan salat sunnat ini adalah selepas salat isya’, biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid atau secara sendiri di rumah.

Bagi Laskar Betawi (LB) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) kota Tagerang Selatan (Tangsel), salat Tarawih yang hanya khusus dilakukan pada malam hari selama Ramadan ini dimanfaatkan atau dijadikan ajang untuk menjalin silaturahmi dengan warga muslim di 7 kecamatan di wilayah Tangsel, dalam program Tarawih keliling atau Tarling.

Tarling yang dimaksud bukan tarling sebagai salah satu alat musik yang populer di wilayah pesisir pantai utara (pantura) Jawa Barat, terutama wilayah Indramayu dan Cirebon. Nama tarling diidentikkan dengan nama instrumen gitar dan suling, serta istilah Yen wis mlatar gage eling (andai banyak berdosa segera bertaubat). Tapi tarling, salat Tarawih keliling.

Tarling atau Tarawih keliling oleh LB DPD Tangsel telah dijadikan sebagai agenda rutin tahunan yang dilaksanakan di setiap bulan Ramadan, dan ini merupakan tahun kedua program Tarling digelar. Tepatnya, Sabtu, (3/6) malam, kemarin, merupakan Tarling pertama Laskar Betawi di Mushola An-Najwa, Jalan SD Impres RT.07/03 Pabuaran, kecamatan Pondok Aren.

Tarawih keliling yang dilaksanakan di Mushola An-Najwa tersebut dihadiri Pembina LB DPD Tangsel Muhamad Nasir yang akrab disapa Lurah Achink, Ketua DPD LB Tangsel Herman Susilo, jajaran pengurus DPD LB Tangsel, Ketua LB DPC Pondok Aren Muhamad Suki, kader LB DPC Pondok Aren serta warga Pabuaran.

Pembina LB DPD Tangsel Lurah Achink kepada suaratangerang.com mengatakan. Tarling yang sudah ditetapkan sebagai agenda rutin tahunan LB DPD Tangsel ini memiliki banyak manfaat, tidak hanya sekedar silaturahmi, tetapi dengan Tarling LB DPD Tangsel dapat secara langsung mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi dan dikeluhkan masyarakat di kota Tangsel,  khususnya masyarakat muslim di kota yang dikenal dengan julukan kota cerdas, modern dan religius.

“Tarling ini sudah menjadi agenda tahunan dan rutin dilaksanakan di setiap Ramadan, dan tahun ini, 1438 Hijriyah /2017 Miladiyah merupakan tahun kedua program ini dilaksanakan. Tarling bukan sekedar salat Tarawih keliling dari satu Masjid ke Masjid atau Mushola ke Mushola lain bersama masyarakat selama Ramadan di Tangsel. Tetapi, dengan Tarling telah terjalin silahturahmi antar warga dan Laskar Betawi, sekaligus momen kebesamaan untuk memererat ukhuwuh Islamiyah antar sesame kader dan simpatisan Laskar di mana Tarling dilaksanakan,” kata Lurah Achink, Pondok Aren, Sabtu (3/6).

Senada,  Ketua LB DPD Tangsel, Herman Susilo juga menyampaikan, program Tarling LB DPD Tangsel dapat merajut kembali silahturahmi yang lama terputus, karena kesibukan dan lainnya di luar bulan Ramadan. Tarling juga dimanfaatkan sebagai momen untuk mengkonsolidasikan kekuatan organisasi di 7 kecamatan di wilayah Tangsel.

“Mushola An-Najwa adalah mushola pertama Tarling dilaksanakan oleh kami, alhamdulillah saya mengucapkan banyak terima kasih pada warga Pabuaran yang telah menyambut baik kedatangan kami ke Mushola ini, program Tarling LB Tangsel diharapkan dapat memererat silahturahmi, memerkokoh ukhuwah Islamiyah, sebagaimana sabda Rasulloh Saw, bahwa barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi,” tutur Herman.

Herman kemudian melanjutkan, “Insha Allah program ini akan terus dilakukan sepanjang kepengurusan LB DPD Tangsel yang dipimpinnya,” imbuhnya.

Tarling yang akan dilaksanakan selama Ramadan tahun ini tidak jauh berbeda dengan Tarling pada Ramadah tahun lalu, termasuk memberikan bantuan ala kadarnya, berupa perlengkapan salat dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan Masjid atau Mushala. (1st/H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Benyamin Davnie: Corona sangat mematikan, duka DKI bisa kita rasakan

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG – Meninggalnya Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah karena terpapar COVID-19 ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com