pandemi 2

Kemenkes RI kembali gelar pertemuan simulasi pandemi influenza di Tangsel

Ciputat, SUARA TANGERANG  – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali menggelar pertemuan Persiapan Simulasi Pandemi Influenza, yang berlangsung selama 2 hari, dimulai sejak tanggal 14  s/d 15 juni 2017 di Aula Lantai 4 Balaikota Tangerang Selatan, di Ciputat.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan sebelumnya, di Hotel Santika, BSD, Serpong pada tanggal 5 Juni 2017 dengan agenda yang sama.

Hadir dalam pertemuan itu antara lain, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), H. Benyamin Davnie, KepalaPusat Penanggulangan Krisis Kemenkes RI, Dr. Ahmad Julianto, Kasubdit ISPA Kemenkes RI, Christina Widaningrum M.Kes, PelaksanaTugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan KotaTangsel, Listya Windyarti serta perwakilan OPD, Polres dan Dandim yang terkait dengan simulasi tersebut.

Kasubdit ISPA pada Kemenkes RI, Christina Widaningrum M.Kes dalam arahannya mengatakan bahwa Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) terjadi salah satunya dikarenakan Influenza.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara stategis hinggapnya pandemi influenza, karena menjadi tempat pertukaran burung – burung liar dari utara ke selatan, dan salah satunya di Provinsi Banten.

Christina pun menyampaikan bahwa, kasus flu burung pertama ialah terjadi di Tangerang pada tahun 2005, dan menjadikan Indonesia negara kasus flu burung (H5N1) atau biasa disebut avian flu terbanyak di dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

“Kegiantan ini menjadi sangat penting diadakan, semoga dalam pertemuan selama dua hari ini dapat tersusun dengan baik persiapan simulasi pandemi yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 26 September 2017nanti, di Puspiptek, Kecamatan Setu,” harap Christina.

Sementara itu, Pak Ben, sapaan akrab Wakil Wali Kota Benyamin Davnie berharap kepada beberapa perwakilan OPD yang terkait, termasuk kepolisian dan Dandim untuk dapat memersiapkan seluruh perencanaan dengan baik sehingga pelaksanaan simulasi pandemi influenza dapat terlaksana sesuai dengan rencana.

“Selamat bekerja, semoga apa yang dirumuskan saat ini dapat menjadi pedoman bagi kegiatan simulasi episenter pandemi influenza, khususnya di Kota Tangerang Selatan. (1st /hk-info)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PSBB Tangsel kembali diperpanjang hingga akhir Oktober

Kota Tangsel, SUARA TANGERANG –  Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyampaikan bahwa ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com