Muhammad Kholid Gani

Ketua HIPMI Kabupaten Tangerang usulkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Banten

Kabupaten Tangerang, SUARA TANGERANG – Wacana pemindahan ibu kota negara kembali merebak kencang setelah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro, Senin (3/7) menyatakan rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta pada 2018.

Wacana tersebut memang bukan baru muncul di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saja. Jauh-jauh hari sebelumnya, gagasan pemindahan ibu kota negara ini sudah ada di masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Bahkan, wacana ini sudah muncul jauh sebelum Indonesia merdeka. Pemerintah Kolonial Hindia Belanda pernah “gatal” ingin memindahkan ibu kota dari Batavia—nama lama Jakarta—ke Bandung.

Menaggapi hal ini, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Tangerang Muhammad Kholid Gani, saat dihubungi pada Jumat (7/7) menyampaikan dukungannya atas rencana pemerintah tersebut.

Untuk itu,  Kholid mengusulkan agar pemindahan ibu kota negara dapat dilakukan dari Jakarta ke Banten. Menurut Kholid daerah Banten merupakan tempat yang tepat sebagai pengganti ibu kota negara apalagi Banten merupakan salah satu penyangga ibu kota Jakarta.

Lanjut Kholid, Banten merupakan salah satu alternatif ibu kota negara, jalur-jalur strategis yang ada di Banten dapat menjadi daya dukung Banten untuk menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara.

“Malaysia misalnya, negara tetangga ini telah berhasil memindahkan Kuala Lumpur ke Putra Jaya,” kata Kholid.

Selain itu menurut pria yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Otonomi Daerah ini, Banten adalah wilayah yang paling tepat, karena 12 program unggulan yang akan segera dibangun di wilayah Banten merupakan salah satu faktor pendukung yang mengokohkan usulan ini tidak hanya sekeder isapan jempol semat.

“Salah satu diantara program unggulan itu adalah akan segera dibangunnya tol Serpong Balaraja, Serang Penimbang dan jalur kereta api kota, ini wujud kongkret awalnya untuk pemindahan ibu kota negara,” imbuhnya. (Tib)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Putus rantai penyebaran COVID-19, KPK kembali swab test seluruh pegawai

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melaksanakan tes swab RT-PCR (Reverse-Transcriptase Polymerase Chain ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com