Penghargaan Kota Layak Anak

Hari Anak Nasional 2017, Tangsel raih 2 penghargaan kota layak anak

Pekanbaru, SUARA TANGERANG –  Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibawah kepimpinan Wali Kota Airin Rachmi Diany kembali meraih 2 penghargaan sekaligus dalam bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak pada acara malam puncak penanugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2017 dalam rangka Hari Anak Nasional 2017 di Ballroom Hotel Swiss-Bel Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/7).

Dua penghargaan tersebut yaitu, Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama dan Pengembangan Forum Anak Tingkat Nasional yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yambise.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yambise mengatakan, penghargaan Kota Layak Anak(KLA) merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Kabupaten/Kota yang telah membantu Pemerintah Pusat dalam menjamin hak dan perlindungan khusus kepada anak, yang termaktub dalam UUD 1945 Pasal 28B ayat 2, yaitu dengan memberikan pembinaan dan perhatian kepada anak dalam rangka meningkatkan partisipasi dan peran seta terhadap pembangunan.

“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”,” kata Yohana mengutip  bunyi pasal 28B ayat 2, UUD 1945, Sabtu (22/7).

Lanjut Yohana, bahwa pemberian penghargaan dalam rangka Hari Anak Nasional 2017 dengan tema “ Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga “ dapat mendorong pemerintah Kabupaten/Kota untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak hingga kecamatan dan kelurahan, dan  mendorong dunia pendidikan, dunia usaha  serta media massa di Kabupaten/Kota untuk melakukan kerja – kerja aktif terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, demi  mendukung terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny N Rosalin mengatakan bahwa anugerah kali ini merupakan yang keliga kalinya dengan jumlah yang terus bertambah tiap tahunnya. “Pada tabun 2017 ini ada 126 Kabupaten dan Kota yang menerima anugerah sedangkan tahun sebelumnya berjumlah 77 Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Penghargaan ini diberian berdasarkan hasil verifikasi data-data laporan kegiatan yang dikirimkan oleh Kabupaten/Kota kepada tim verifikasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Sementara, terkait penghargaan itu, Wali Kota Tangsel , Airin Rachmi Diany mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada seluruh OPD, Lembaga/Aktivis perlindungan anak dan masyarakat Kota Tangsel yang  telah mendukung pemerintah kota dalam mewujudkan Tangsel sebagai Kota Layak Anak.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan berperan serta dalam mewujudkan Tangsel sebagai Kota Layak Anak,” kata Airin.

Airin pun berharap penghargaan yang diraih ini, dapat mendorong pemerintah untuk terus memberikan perhatian penuh terhadap pemenuhan hak-hak anak dan turut serta menjaga serta memberikan kasih sayang kepada anak-anak yang dimulai dari keluarga. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

FSGI duga ada motif politik dibalik program pulsa gratis di sejumlah daerah

Jakarta, SUARA TANGERANG  – Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Heru Purnomo mengatakan input ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com