Diskusi Publik BN-JakPas

Ini dia keuntungan skema KPBU dalam penyediaan infrastruktur

Jakarta, SUARA TANGERANG  – Sejumlah keuntungan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dipaparkan oleh Direktur Kerjasama Pemerintah-Swasta Rancang Bangun dari Kementerian Bapenas Sri Bagus Guritno dalam diskusi public yang digelar Barisan Nusantara di Jatinegara, Jumat (18/8).

Salah satu yang dimaksud adalah, keuntungan  dalam efisiensi anggaran yakni melalui pendekatan analisis biaya yang meliputi seluruh umur proyek (whole life cycle costing).

“Keuntungan lain adalah dari segi kepastiian dalam penyelesaian pekerjaan yang diyakininya lebih cepat atau tepat waktu karena swasta baru akan menerima permbayaran dari pemerintah ketika proyek yang dikerjakan selesai tepat waktu. “Resiko ke tepatan itu akan lebih cepat lagi, karena diserahkan kepada swasta,” ucapnya.

Ditambahkan bahwa, “Lebih memberikan insentif bagi swasta untuk memonitor dan menjaga kinerja layanan infrastrukturnya secara maksimal.”

Terkait pengerjaan, menurutnya dengan program KPBU akan lebih fleksibel dan inovatif karena mengutamakan spesifikasi layanan yang di perlukan. “Pihak swasta memiliki ruang untuk berinovasi pada spesifikasi aset. Serta Pemerintah hanya mengelola resiko yang bisa di tangani sendiri,” katanya.

Mengenai isu yang beredar terkait KPBU, dia menjelaskan bahwa KPBU bukan pengalihan kewajiban pemerintah dalam penyediaan layanan kepada masyarakat. “Tetapi merupakan pembiayaan untuk merancang, membangun dan mengoperasikan proyek-proyek,” tandasnya. (1st/Eky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lindungi diri, lindungi sesama jadi pesan solidaritas dan gotong royong melawan Covid-19

Jakarta, SUARA TANGERANG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  hari ini meluncurkan portal  www.covid19.go.id sebagai ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com