Anies Rasyid Baswedan

Diamkan kebrutalan di Rohingya, Anies tuntut Nobel Aung San Suu Kyi dicabut

Jakarta, SUARA TANGERANG – Besok, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha 1438 H. Namu, kali ini perayaan tersebut terasa kelabu. Karena darah etnis Rohingya kembali tumpah di Rakine, Myanmar.

Diberitakan, bahwa sejak beberapa lalu hingga kini, militer Myanmar masih terus menyerang Rohingya dengan senjata mekanis.

Menurut rilis pemerintah Myanmar, korban tewas sudah mencapai 100 jiwa dari kedua pihak. Sedangkan menurut sumber lokal setempat, korban tewas mencapai 850 jiwa Rohingya. Tentara juga membakar 1.000 rumah warga Rohingya. Dan, sekitar 17 ribu dari mereka mengungsi ke Bangladesh.

Atas kejadian tersebut, Anies Rasyid Baswedan, Gubernur terpilih DKI Jakarta dalam video singkatnya berdurasi 22:01 menit ini ia menyampaikan kepritahinannya atas apa yang terjadi terhadap muslim Rohingya.

Menurut Anies, kebiadaban ini terjadi di depan rezim berkuasa yang de facto di pimpin oleh Aung San Suu Kyi, penerima hadian Nobel. Dunia mengutuk, dunia marah. Karenanya, Anies menuntut kepada Komite Nobel di Oslo untuk mecabut hadia nobel dari Aung San Suu Kyi.

“Saya menuntut kepada Komite Nobel di Oslo untuk mencabut hadiah nobel dari Aung San Suu Kyi atas pendiamannya terhadap kebrutalan ini,” kata Anies dalam video yang diviralkan melalui sosial media, Rabu (30/8).

Anies pun menyampaikan bahwa apa yang menimpa warga Rohingnya tersebut tidak bisa diterima oleh akal, tidak bisa diterima oleh hati dan tidak bisa diterima oleh siapapun di dunia.

Karena itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI ini, menyerukan juga kepada para khotib shalat Jumat sedunia untuk mendoakan umat Islam di Myanmar. “Mari kita doakan agar mereka diberi kekuatan ketabahan, dan mari kita sama-sama yang di Indonesia sambut dan bantu mereka di tanah ini. Mari kita pastikan kejadian ini tak boleh berlanjut harus berhenti dan tak boleh berulang, “pungkas Anies. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua Bawaslu: Pilkada di tengah pandemi Covid-19 tidak mudah

Jakarta, SUARA TANGERANG  – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan mengatakan, Pilkada 2020 di ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com