BREAKING NEWS
Herman Susilo

Makna berkurban bagi Herman Susilo: Selalu mengingatkan kita kepada Allah

Tangsel, SUARA TANGERANG –  “Jika Ibrahim membawa putranya Ismail untuk dikorbankan, maka dalam konteks kekinian, siapakah atau apakah Ismailmu, yang kamu korbankan?” Kata Ketua Laskar Betawi (LB) DPD Tangerang Selatan (Tangsel), Herman Susilo mengutip pernyataaan, Intelektual Muslim, era 80-an, Dr Ali Shariati, di dalam buku, Haji, terbitan Pustaka, Bandung, 1987.

Kutipan itu mengawali perbincangan suaratangerang.com dengan orang nomor satu di LB DPD Tangsel beberapa saat menjelang pelaksanaan pemotongan hewan kurban, di Jalan Nurul Huda I, Ciputat, Jumat siang (1/9).

Menurut Herman, penyembelian hewan kurban yang dilakukan LB DPD Tangsel di Ciputat ini juga dapat dimaknai sebagai sebuah ibadah yang mengingatkan kita semua untuk kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah.

Kerena itu kembali ke pertanyaan siapkah atau apakah Ismailmu? “Apakah Ismailmu adalah kedudukanmu? Harga dirimu? Profesimu? Uang? Rumah? Kebun-kebun? Mobil? Cinta? Keluarga? Pengetahuanmu? Kelas sosial? Seni? Pakaianmu? Dan lain sebagainya itu, kata Shariati adalah setiap sesuatu yang melemahkan imanmu, sesuatu yang membuat engkau tidak dapat mendengarkan perintah Allah dan menyatakan kebenaran yang engkau lihat di depan matamu yang kau biarkan terjadi begitu saja,” ucap Herman.

“Makna lain dari berkurban saat Idul Adha  sebagai seorang muslim adalah mengajarkan kita untuk senantiasa saling berbagi kepada sesama muslim yang lain, terlebih berbagi kepada mereka-mereka yang kurang mampu. Khususnya di Tangsel,” jelasnya sembari memerbaiki peci yang dikenakan.

Sementara itu, lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa pada perayaan Idul Adha tahun ini, LB DPD Tangsel, hanya menyembeli  4 ekor kambing, kemudian dikemas dalam 70 kantong plastik kecil dan akan dibagi-bagikan kepada mereka yang berhak.

Alhamdulillah, proses pemotongan hewan kurban untuk tahun ini berjalan lancar, daging hewan kurban akan kami bagikan kepada masyarakat di lingkungan Nurul Huda, Ciputat. Insha Allah, kegiatan ini akan terus kami lakukan di tempat yang berbeda, di Tangsel,” pungkasnya. (1st/H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Radio Republik Indonesia

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir sekaligus membuka acara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com