BREAKING NEWS
KPPU 16 Negara se Asia Timur

KPPU: 16 Otoritas persaingan se-Asia Timur sepakat dorong kesamaan regulasi

Tangerang, SUARA TANGERANG – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menjalin kerjasama dengan beberapa negara di kawasan Asia Timur. Kerjasama tersebut dilakukan dalam  forum pertemuan East Asia Top Level Meeting on Competition Policy di Bali beberapa hari yang lalu yang diikuti oleh 16 negara.

Ketua KPPU Syarkawi Rouf mengatakan kerjasama ini sangat penting untuk mendorong regulasi baik dari sisi hukum dan kebijakan persaingan usaha relatif sama di negara se Asia Timur.

“Isu ini menjadi penting karena bisnis di Asia Timur berkembang dengan model East Asia Suply Chain. Contohnya untuk bikin mobil dan produk teknologi yang lain inputnya dari negara Indonesia, Malaysia, Filiphina, Kamboja, Myanmar, nanti finishingnya ada di Taiwan, Jepang atau di Indonesia,” kata Syarkawi kepada wartawan di BSD, Tangerang (15/09).

Menurut Syarkawi, hukum yang berbeda beda akan menimbulkan biaya bagi pelaku usaha. “Oleh karena itu hampir 16 otoritas persaingan sepakat untuk menjadikan harmonisasi, konvergensi atau persamaan dari sisi regulasi hukum dan kebijakan persaingan yang menjadi prioritas untuk dikerjakan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Syarkawi, kita juga mendorong agar akademisi Jepang, Korea, Australia dapat melakukan transfer knowledge kepada akademisi di negara yang relatif terbelakang dalam kajian ekonomi dan hukum persaingan.

“Agar ke depan harapannya dari sisi pengetahuan sama dengan negara yang sudah maju dalam kajian ekonomi dan hukum persaingan,” katanya.

“Kerjasama antar negara dapat didorong  dengan tukar menukar data, joint investigation untuk kasus persaingan yang melibatkan lintas negara, ” tutupnya. (YCR)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Radio Republik Indonesia

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir sekaligus membuka acara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com