BREAKING NEWS
Komunitas Citata

Komunitas Citata: Taman kota tak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota

Tangsel, SUARA TANGERANG –  Ruang terbuka hijau publik merupakan ruang terbuka hijau yang dimiliki dan dikelolah oleh pemerintah daerah kota yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum, satu diantaranya adalah taman kota.

Keberadaannya untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota, baik keseimbangan sistem hidrologi dan sistem mikroklimat, maupun sistem ekologis lain, yang selanjutnya akan meningkatkan ketersediaan udara bersih yang diperlukan masyarakat, serta sekaligus dapat meningkatkan nilai estetika kota.

Terkait dengan fungsi dan manfaat tersebut,  Komunitas Pecinta Taman Kota (Citata) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabut (16/9) menggelar deklarasi sekaligus mengajak pengunjung Taman Kota bersama sama perduli terhadap lingkungan, khususnya taman kota di wilayah Tangsel.

Deklarasi Citata yang dimeriahkan oleh penampilan beberapa band lokal dan pembacaan puisi di Taman Kota 1 BSD, Serpong Tangsel itu, juga dihadiri Asisten Daerah (Asda) III Kota Tangsel, Teddy Meiyadi , pengurus Citata dan beberapa aktifis peduli lingkungan di kota ini.

Menurut ketua komunitas Citata, Mizz Farha Diba, komunitas atau paguyuban yang baru dideklarasikan itu, akan mencoba untuk menghidupkan fungsi taman kota tidak hanya sebagai paru-paru kota, tapi bisa dimanfaatkan untuk tempat olahraga, rekreasi, live music dan lainnya.

“Taman Kota 1 BSD ini, sebenarnya bisa dimaksimalkan untuk kegiatan yang lebih memasyarakat, seperti kegiatan olahraga, reksreasi  keluarga, dan tempat untuk menikmati live musik, inilah salah satu yang akan kita ciptakan ke depan,” kata Mizz, Sabtu (16/9).

“Selain itu, Citata akan minta kepada Pemerintah Kota Tangsel untuk menambah jam operasional Taman Kota 1 BSD. Karena, ke depan nanti kami akan membuat sesuatu yanpag lebih menarik di sini,” ujar  Mizz Diba.

Sementara itu,  mewakili Pemkot Tangsel,  Asda III Kota Tangsel, Teddy Meiyadi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Citata.

“Atas nama pribadi dan Pemkot Tangsel, saya menyambut  positif apa yang akan dilakukan Citata, semoga kepedulian mereka kepada ruang terbuka hijau publik di Tangsel dapat diwujudkan dengan program-program yang lebih realistis dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” ucapnya.

Masih menurut Teddy,  dalam hal pengelolaan taman kota Pemkot Tangsel akan membuka ruang dan peluang bagi siapa saja,  untuk ikut memelihara dan menjaga kelestarian taman kota sebagai ruang terbuka hijau publik yang bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

“Kota Surabaya misalnya, dengan dukungan pemerintah kota,  ruang hijau terbuka publik di kota ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri untuk tempat berkreasi, tempat berinovasi dan bernilai ekonomis , sehingga jam operasional pengelolaan taman kota di sana ditutup hingga malam hari, hal ini dimungkinkan juga dapat dilakukan di Taman Kota 1 BSD, Serpong, Tangsel,” pungkas Teddy. (1st/H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Radio Republik Indonesia

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir sekaligus membuka acara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com