dr Lisa Puspadewi

Kadinkes Kota Tangerang: Kasus Adriansyah sudah ditangani sejak ia berusia 3 bulan

Tangerang, SUARA TANGERANG –Andriansyah, bocah 10 tahun penderita Hidrosefalus di Kota Tangerang ramai diberitakan media massa lokal di Tangerang.

Menurut pengakuan kedua orang tua Adriansyah, 10 tahun mengidap penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak ini, anak mereka belum mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Tangerang. Lihat berita: Adriansyah, 10 tahun menderita Hidrosefalus belum ada perhatian Pemerintah.

Untuk mengkonfirmasi hal tersebut, suaratangerang.com secara sengaja menemui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinskes) Kota Tangerang, dr Lisa Puspadewi di Ruang Rawat  Eboni, lantai 5 RSUD Kota Tangerang, pada Selasa siang (19/9).

Menurut Lisa Puspadewi kasus Adriansyah ini bukan kasus yang baru bagi pihaknya, saat itu Adriansyah baru berusia 2 bulan. Di usianya yang baru 2 bulan itu, ibunya mengeluhkan kalau lingkar kepala Adriansyah kelihatan lebih besar dan matanya menonjol.  Berdasarkan kelurah tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang  kemudian memberikan rujukan agar Adriansyah segera ditangani ke Rumah Sakit.

“Di rumah sakit itu disarankan untuk dioperasi, karena dari hasil diagnosa, Adriansyah menderita Hidrosefalus. Dioperasi pun itu pakai anggaran APBD, dengan rekomendasi keluarga miskin, kemudian operasipun dilakukan, “ jelas dr Lisa.

Lanjut Lisa, “Waktu dioperasi saat itu Adriansyah berusia tiga bulan, ditemukan pada usia dua bulan, karena perlu proses jadi operasi baru dilakukan pada usia tiga bulan. Namun, pasca operasi kami tetap melakukan control dan perawatan kepadanya  kurang lebih selama satu bulan,” ungkapnya.

“Operasinya  saat itu berlangsung sukses, dilakukan di RSUD Kabupaten Tangerang. Karena RSUD Kota Tangerang belum ada, RSU ini baru ada pada tahun 2007,” ucap dr Lisa.

Setelah dirawat selama 1 bulan, Adriansyah akhirnya diizinkan pulang, kondisi Adriansyah saat itu sudah lebih baik dari sebelumnya.

Selanjutnya dengan pemantauan Dinkes Kota Tangerang orang tua Adriansyah sering ke puskesmas untuk minta rujukan ke Rumah Sakit,

“Karena  kasus ini bukan ranah puskesmas, melainkan  ranah rumah sakit, maka kami selalu memberi rujukan kepada ibunya Adriansyah untuk datang ke rumah sakit,” tutur dr Lisa.

Penanganan kepada Adriansyah ini pun dilakukan terus-menerus sampai ia berusia 5 tahun.  “Jadi sampai usia lima tahun dia masih tetap dalam pengawasan kami. Namun, karena  ibunya hamil lagi, maka perhatian kepada Adriansyah mulai berkurang,” kata dr Lisa.

Untuk menangani kasus seperti Adriansya ini perlu koordinasi dan perhatian khusus, penderita penyakit HIdrosefalus ini perlu perhatian khusus, tidak hanya dari pihak Dinkes saja, tetapi perlu ada koordinasi antara kedua pihak, yaitu orang tua Adriansyah dengan Dinskes.

“Kini sekian tahun berlalu, kondisi Adriansyah mulai menghawatirkan, hal ini tidak bisa didiamkan saja. Padahal sejak usiah dua tahun oleh dokter telah disarankan untuk operasi menggantikan selang,karena proses pertumbuhan dan perkembangan fisik Adriansyah yang terus membesar. Jadi, operasi itu harus dilakukan, karena secara periodic selang itu harus diganti,  ujarnya.

“Tetapi, ibunya Adriansyah merasa keberatan, sepertinya ia mengalamai trauma dan khawatir mengingat proses operasi pertama yang dilakukan saat itu, yang memerlukan waktu cukup lama untuk bisa kembali pulang ke rumah,” ucap Kadinkes dr Lisa.

“Kita semua berharap dan berkeinginan agar kasus yang menimpa Adriansyah ini bisa ditangani, dan Adriansya bisa mandiri tumbuh berkembang sebagaimana anak-anak pada umumnya. Tetapi, hal ini berpulang lagi kepada orang tuanya. Ini saja, orangnya tuanya pingin cepat-cepat pulang karena merasa tidak betah di Rumah Sakit,” kata dr Lisa.

(H3n/Amran)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

TKSK Sepatan kembali salurkan BSP susulan kepada 123 KPM

Tangerang, SUARA TANGERANG – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sepatan kembali salurkan Bantuan Sosial Pangan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com