Deklarasi Jabanin

Nyatakan perang tehadap narkoba, Laskar Betawi deklarasikan ‘Jabanin’

Jakarta, SUARA TANGERANG – Jabanin yang dikenal dalam masyarakat Betawi artinya adalah layani / tandingi. Kata ini kemudian dijadikan sebagai akronim dari organisasi under bow atau sayap organisasi Laskar Betawi, yaitu Jawara Berantas Narkoba Indonesia yang telah dideklarasikan di Jakarta, Sabtu siang (7/10).

Hadir dalam acara itu, para deklarator  H. Enjang Hasanudin BA, Herman Susilo, Krisna, Hendra Jaya, Mayjen TNI (Purn) Asril Tanjung S.IP, kader dan simpatisan Jabanin serta perwakilan Ormas tingkat pusat yang ada di Jakarta.

Menurut H Enjang, Jabanin untuk memerangi narkoba yang kini menjadi musuh bersama keluarga Indonesia. “Orang nomor satu di negera ini pun telah menyatakan perang terahadap narkoba, sebagai  elemen masyarakat Betawi kami pun menyatakan hal yang sama, siap memerangi narkoba, musuh bersama kita semua,” kata H Enjang, Jakarta, Sabtu (7/10).

“Organisasi ini siap bekerja sama dan membantu Pemerintah, TNI, Polri serta masyarakat pada umumnya untuk memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya,” ujar H Enjang.

Lagi menurut H Enjang, penyalahgunaan narkoba  belum juga hengkang dari negeri ini.   Penggunanya dari tahun ke tahun terus meingkat.

Berdasarkan data dari United Nations Office on Drugs and Crime (UNOCD), 315 juta orang di dunia usia produktif atau berusia 15 sampai 65 tahun menjadi pengguna narkoba. Sementara di Indonesia penyalahgunaan narkoba pada tahun 2015 saja sudah mencapai angka 5,9 juta orang.

“Karena itu kita perlu waspada, siapa tahu suatu saat akan ‘menyerang’ keluarga kita, nauzubillah summa nauzubillah, oleh sebab itu masyarakat  diedukasi bagaimana cara mengenal dan  tahu bahayanya narkoba terhdap kelangsungan suatu bangsa,” tegasnya.

Enjang juga menambahkan, Jabanin adalah lembaga independen atau non government organization  yangt fokus pada permasalahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

“Tugas pemberantasan narkoba itu bukan hanya tugas kepolisian saja, tetapi merupakan tugas bersama masyarakat yang sadar akan bahaya barang haram ini,” tandasnya.

Senada, Herman Susilo deklarator yang juga menjabat sebagai ketua DPD Laskar Betawi Tangsel juga menyampaikan upaya penegak hukum dalam memberantas narkoba memang tidak akan ada artinya apa-apa  tanpa dukungan dari masyarakat. Karenaya, ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama berpastisipasi aktif dalam memberantas peredaran narkoba di Indonesia.

“Tanpa melihat latar belakang suku, budaya atau RAS mari kita bahu-membahu mencegah dan memberantas perdedaran narkoba di lingkungan kita, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, ” ujarnya.

Lanjut Herman, semoga  keberadaan Jabanin dapat membantu meringankan tugas aparat terkait dalam menanggulangi peredaraan narkoba di Indonesia. “Untuk itu, kami akan membangun sinergitas yang baik dengan lembaga /instansi terkait seperti dengan Polri dan BNN,” pungkasnya. (1st/H3N)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Putus rantai penyebaran COVID-19, KPK kembali swab test seluruh pegawai

Jakarta, SUARA TANGERANG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melaksanakan tes swab RT-PCR (Reverse-Transcriptase Polymerase Chain ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com