BREAKING NEWS
Bambang Nurtjahjo DPMPTSP

Kini, urus 137 perizinan di Tangsel bisa secara online

Ciputat, SUARA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pelayanan Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangsel menggelar Sosialisasi Perizinan Online di lantai 4, kantor Puspem Kota Tangsel, Ciputat, Kamis (2/11) lalu.

Sosialisasi izin online ini, dihadiri Wali Kota Airin Rachmi Diany, Wakil Wali Kota Benyamin Davnie, Kepala Dinas DPMTSP, Bambang Noertjahjo, Kepala Dinas atau OPD di lingkungan Pemerintahan Kota Tangsel  serta tamu undangan.

Menurut Kepala DPMPTS Kota Tangsel Bambang Noertjahyo sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan peresmian perizinan online 2017 yang telah diresmikan beberapa bulan lalu.

“Jika pada Juni lalu, baru ada 17 jenis layanan perizinan saja yang dilakukan secara online, kini telah bertambah menjadi 137 layanan perizinan secara online,” kata Bambang Nurtjahyo, Kamis (2/11).

Lanjutnya, “Dari 137 layanan itu, terdiri dari 112 perizinan dan 25 non perizinan. Semuanya bertujuan untuk mepermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan perizinan di Tangsel,” tutur Bambang

Intinya menurut Bambang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel hendak mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memerpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau.

“Adapun bidang perizinan yang dilayani secara online itu antara lain adalah bidang perizinan pembanguan, bidang perizinan sosial budaya, bidang perizinan kesejahteraan rakyat, bidang perizinan ekonomi, bidang perizinan ketenagakerjaan, dan layanan non-perizinan sebagai segala bentuk kemudahan pelayanan, fasilitas fiskal, dan informasi mengenai penanaman modal, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.” Terang Bambang.

Sebelumnya, DPMPTSP Tangsel telah meluncurkan perizinan online yang dikenal dengan nama SIMPONIE pada tahun 2015 sebanyak 2 perizinan yaitu SIUP dan TDP,  dan pada Juni 2017 kembali meluncurkan 15 perizinan online lainnya.

“Seluruh perizinan yang terkait dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilayani secara satu pintu melalui DPMPTSP untuk memudahkan masyarakat, dan DPMPTSP Tangsel juga telah menjadi salah satu role model untuk DPMPTSP kota/kabupaten di provinsi Baten, karena satu-satunya DPMPTSP yang telah melaksanakan layanan perizinan secara online untuk hampir semua perizinan dan dan non perizinan adalah DPMPTSP Tangsel. Hal ini tentu menjadi prestasi dan kebanggan bagi kami DPMTSP Tangsel, namun di sisi lain ini juga merupakan tantangan sekaligus motivasi bagi DPMPTSP Tangsel agar dapat meningkatkan kualitas dari layanan perizinan online yang diberikan kepada masyarakat,”paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Airin menyampaikan bahwa mulai hari ini Tangsel dan seterusnya seluruh proses perizinan di Tangsel telah dilakukan lewat sistem satu pintu melalui kantor DPMPTSP dan itu semua bisa dilakukan secara online.

“Hari ini lebih kepada sosialisasi kepada masyarakat, sudah tidak perlu launching lagi hanya perlu sosialisasi termasuk kepada seluruh pemangku kepentingan bahwa saat ini semua perizinan sudah online,” ucap Airin.

“Perizinan online merupakan sebuah terobosan inovasi teknologi, tetapi akan jadi persoalan bila masyarakat belum terbiasa memanfaatkan teknologi tersebut. Masalah lainnya, adalah ketersedian sarana dan prasarana pendukung untuk mempermudah proses  perizinan online yang saat ini diterapkan seperti komputer, wifi, printer, scan dan alat penunjang lainnya.”

“Layanan perizinan online ini dapat dilakukan lewat geray layanan perizinan yang ada di keluahan dan kecamatan, dan sedapat mungkin kami juga tidak perlu lagi bertatap muka dengan pemohon dan akan bekerjasama dengan kantor pos  untuk mengirimkan document izin pemohon. Mudah- mudahan dengan teknologi dan aplikasi ini, iklim perekonomian di Tangsel akan terus meningkat,” pungkas Airin. (1st/H3n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wali Kota Arief buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Radio Republik Indonesia

Kota Tangerang, SUARA TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah hadir sekaligus membuka acara ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com