BREAKING NEWS
Ben Veteran

Peringatan Hari Pahlawan di Tangsel, perkokoh persatuan untuk bangun negeri

Serpong, SUARA TANGERANG – Upacara Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2017 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dilaksanakan di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangsel, Jumat (10/11).

Berlangsung khidmat, upacara yang dipimpin Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie diikuti oleh beberapa unsur masyarakat, ASN, TNI-Polri dan Veteran.

Menurut Benyamin Davnie, upacara ini sendiri diarahkan dan ditujukan untuk menghormati para pahlawan. Termasuk pahlawan yang ada di kota Tangsel.

Terkait dengan veteran pejuang kemerdekaan yang  hadir dalam upacara ini, Benyamin menyampaikan bahwa dari 20 orang veteran di Tangsel, yang dapat hadir hanya 15 orang,  5 diantaranya tidak bisa hadir karena kondisi kesehatan dan lain hal.

“Peringatan Hari Pahlawan  yang jatuh pada  10 November setiap tahunnya ini, merupakan bagian dari upaya mengenang jasa pahlawan dan perintis kemerdekaan, pendiri republik Indonesia yang telah mengorbankan jiwa serta raganya untuk kemerdekaan bangsa,” ucap Benyamin.

Mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang dilakukan sehingga saat ini kita bisa menikmati hidup di Indonesia sebagai bangsa yang merdeka bangsa yang sederajat dengan bangsa dan negara lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaannya sebagai jembatan emas sebagai terwujudnya Indonesia yang merdeka bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita, pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka cita cita selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya,” paparnya.

Oleh karena pesan fundamental itulah, maka peringatan hari pahlawan 10 November 2017 ini,  mengambil tema perkokoh persatuan membangun negeri.

“Apabila kita mampu bersatu sebagai suatu bangsa maka kita dapat maju bersama sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Hari pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan peristiwa pertempuran terhebat dalam sejarah riwayat dekolonisasi dunia yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya .

Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan melebur menjadi satu berikrar, bergerak,  menyerahkan hidup dan jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (1st/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Angka kesembuhan Covid-19 di Kota Tangerang alami peningkatan

Kota Tangerag, SUARA TANGERANG – Angka penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kota Tangerang ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com